Destinasi Wisata Danau Tempe di Wajo Sulawesi Selatan, Daya Tarik, Harga Tiket dan Jam Operasional

Destinasi Wisata Danau Tempe di Wajo Sulawesi Selatan, Daya Tarik, Harga Tiket dan Jam Operasional

Danau Tempe, Info Lokasi, Daya Tarik, Harga Tiket, Jam Operasional -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM  - Salah satu danau rekomendasi saat berkunjung ke Sulawesi Selatan adalah danau Tempe.  Ya kamu tidak salah menyimak, mamang betul namanya danau Tempe. 

Danau Tempe adalah salah satu danau terbesar yang ada di Sulawesi Selatan dengan luas sekitar 1.000 hektare. Danau ini terletak di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Namun, apa yang membuat danau ini begitu istimewa bukan hanya ukurannya, tetapi juga sejarah dan peranannya dalam kehidupan masyarakat sekitarnya.

Dilansir dari berbagai sumber menurut legenda setempat, Danau Tempe memiliki asal mula yang berkaitan dengan tokoh legendaris bernama La Tempe Bulo. Konon, La Tempe Bulo adalah seorang pejuang yang memiliki kekuatan supranatural.

La Tempe Bulo datang ke wilayah ini untuk melindungi masyarakat dari berbagai bahaya alam, termasuk banjir dan serangan hewan buas. 

BACA JUGA:Terpesona Menyaksikan Keindahan Danau Purba Yang Ada di Sulawesi Tengah

La Tempe Bulo kemudian mengeluarkan pusaka yang mengeluarkan air hujan sehingga terbentuklah danau yang kemudian dinamakan "Danau Tempe" sebagai penghormatan kepada tokoh tersebut.

Daya Tarik Danau Tempe

Selain itu, Danau Tempe bukan menawarkan keindahan alam semata, tetapi juga memiliki peran penting dalam kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat sekitarnya. Danau ini menjadi rumah bagi ribuan nelayan dan keluarga mereka.

Danau Tempe, Info Lokasi, Daya Tarik, Harga Tiket, Jam Operasional -Pinterest -

Hal tersebut bukan tanpa alasan, masyarakat di sekitar Danau Tempe menggantungkan hidup mereka pada tangkapan ikan, seperti mujair, bawal, dan belida, yang melimpah di danau ini. 

Perahu-perahu tradisional seperti "pa'di" digunakan untuk berlayar di perairan danau, menciptakan pemandangan yang khas dan budaya nelayan yang kaya.

Ekosistem Danau Tempe sangat kaya, dengan berbagai jenis tumbuhan air dan satwa liar yang mendiami danau dan daerah sekitarnya. 

BACA JUGA:Hanya Rp 4 Jutaan, POCO X6 Pro 5G Dilengkapi dengan Konfigurasi 3 Kamera 64 MP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: