Terpesona Menyaksikan Keindahan Danau Purba Yang Ada di Sulawesi Tengah

Terpesona Menyaksikan Keindahan Danau Purba Yang Ada di Sulawesi Tengah

Danau Towuti Sulawesi Selatan -Akun Instagram @indonesia_wonderfull78-

Selain berstatus sebagai danau purba yang sudah ada dari jutaan tahun yang lalu, Danau Towuti juga berstatus sebagai danau air tawar terbesar ke dua setelah Danau Toba.


Danau Towuti Sulawesi Selatan -Akun Instagram @sundyantigreen-

Danau Towuti memiliki panorama alam yang sangat eksotis. Dan di tengah-tengah danau akan terlihat pemandangan beberapa pulau.

Sama seperti Danau Toba yang memiliki pulau istimewa yakni pulau Samosir. Danau Towuti juga memiliki beberapa pulau yang tak berpenghuni, dan sebagian lagi berpenghuni. Seperti Pulau Loeha, Pulau Kembar, dan Pulau Bolong. 

Masyarakat yang tinggal di pulau-pulau tersebut berperan penting menjaga kelestarian alam Danau Towuti. Karena mayoritas mata pencaharian mereka sebagai nelayan di Danau Towuti, serta sebagaian lagi menjadi petani.

BACA JUGA:Asal Usul Pantai Kondang Merak, Konon Dijadikan Tempat Burung Merak Mencari Minum

2. Danau Tujuan Riset Lintas Negara

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya Danau Towuti seringkali dijadikan sebagai tujuan riset dari beberapa negara. Karena sedikit sekali di dunia ini danau yang berstatus danau purba, dan tertua.

Sejarah Danau Towuti terbentuk akibat aktivitas tektonik berjuta tahun yang lalu. Diperkirakan umur Danau Towuti mencapai 4 juta tahun yang lalu.

Riset yang pernah dilakukan di Danau Towuti adalah penelitian yang pernah dilakukan oleh Institut Teknologi Bandung, LIPI, serta beberapa peneliti dari luar negeri.

Terjaganya kelestarian alam di Danau Towuti karena lokasi danau tersebut sebagai bagian yang tak terpisahkan dari Taman Wisata Alam Danau Towuti.

Tidak jarang juga pengunjung yang datang menjadikan spot terbaik, dan terindah untuk melakukan aktivitas memancing.

Tapi tetap utamakan keselamatan, serta tetap menjaga kelestarian alam, dan menjaga nilai-nilai luhur yang dianut oleh masyarakat setempat.

BACA JUGA:Menilik Sejarah Pantai BaleKambang yang Masih Eksis Hingga Kini

Ramai dikunjungi membuat Danau ini harus menyediakan beberapa fasilitas. Fasilitas  di Danau Towuti sudah tersedia. Seperti area parkir, toilet, dan warung yang menjajakan makanan dan minuman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: