Menilik Sejarah Pantai BaleKambang yang Masih Eksis Hingga Kini

Menilik Sejarah Pantai BaleKambang yang Masih Eksis Hingga Kini

Keindahan Pantai BaleKambang di Jawa Timur-Pinterest-

BENGKULUEKPSRESS.COM - Pantai Balekambang adalah salah satu pantai di Jawa Timur yang menawarkan pemandangan eksotis dengan perpaduan pasir dan batu karang yang mempesona. 

Pantai Balekambang berlokasi di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Tidak banyak yang tahu jika Pantai Balekambang merupakan salah satu wisata di Kabupaten Malang yang sudah ada sejak 1985 dan masih esksis hingga saat ini. 

Sudah dikenal sejak tahun 1985, Pantai Balekambang memiliki sejarah dikutip dari beberapa sumber Pantai Balekambang pertama kali dibuka oleh Syaikh Abdul Jalil yang berasal dari Yogyakarta. 

BACA JUGA:Menyaksikan keindahan Tlogo Muncar, Air Terjun Legenda Dewi Condrokirono di Yogyakarta

Sering berjalannya waktu pantai ini mulai berkembang dan disinggahi masyarakat luas tahun 1978, setelah adanya pembukaan akses jalan yang dilakukan Kades Srigonco Tukiran. 

Kemudian Pantai Balekambang kian dikenal setelah secara resmi dibuka sebagai salah satu tempat wisata oleh Bupati Malang, Eddy Slamet pada 1983. Saat itu, jalannya masih berupa makadamsation atau jalan bebatuan. Pantai ini diresmikan pula sebagai tempat perkemahan pramuka Kabupaten Malang.


Pulau Ismoyo berdiri sebuah pura kokoh yang sering dijadikan tempat berlangsungnya upacara Surohan (Suro’an) dan upacara Jalanidhi puja-Pinterest-

Pantai ini berjarak sekitar 65 km dari pusat Kota Malang yang dapat ditempuh dalam waktu 2-3 jam. Terletaknya yang cukup jauh dari pusat kota memaksa pengunjung yang ingin melihat pemandangan Pantai Balekambang harus menggunakan kendaraan. 

Namun, lamanya perjalanan akan terbayar dengan panorama alam, ombak yang tinggi, dan pasir pantai putih yang menakjubkan.

BACA JUGA:Berkunjung Tirta Empul, Landmark Pulau Bali, Simak Lokasi, Daya Tarik, Sejarah dan Rute Perjalanan

Pantai Balekambang memiliki area pasir putih yang luas sehingga pengunjung dapat menikmati beragam aktivitas menarik seperti bermain di tepi pantai, piknik, hingga berolahraga.

Saat berada di Pantai Balekambang kamu akan dimanjakan dengan deburan suara ombak yang pecah saat bertemu dengan karang seakan menyapa saat berada di Pantai Balekambang. 


Pulau Ismoyo berdiri sebuah pura kokoh yang sering dijadikan tempat berlangsungnya upacara Surohan (Suro’an) dan upacara Jalanidhi puja-Pinterest-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: