Begini Cara Memilih Obat Anti Nyamuk Bayi yang Aman

Begini Cara Memilih Obat Anti Nyamuk Bayi yang Aman

para ahli menganjurkan orangtua memilih obat anti nyamuk bayi yang mengandung konsentrasi bahan kimia yang paling rendah.--

BACA JUGA:Jangan Asal Pasang Lampu Tembak Buat Mobil, Awas Wattnya Jangan Kebesaran!

4. Kasa nyamuk pada pintu dan jendela
Untuk mencegah nyamuk masuk ke rumah, pasang kasa nyamuk pada pintu dan jendela.Kasa berbahan nilon jadi pilihan tepat.  Kasa yang menempel pada jendela bisa dicuci secara teratur.Ini akan mencegah nyamuk maupun serangga masuk ke rumah. Dan Anda masih tetap bisa menikmati udara segar. Pastikan menutup celah di jendela atau rangka pintu juga.

5. Pilih wewangian pengusir nyamuk
Anda bisa temukan banyak produk, dari lilin wangi hingga minyak esensial, yang mengusir nyamuk dan juga membantu membuat rumah bebas nyamuk dan berbau menyenangkan. Beberapa wewangian seperti sereh, citronella, lavender, dan kayu putih, bisa mengusir nyamuk.

Sebaliknya, bau bunga dan buah cenderung menarik nyamuk dan serangga. Ada kemungkinan beberapa produk mengandung campuran wewangian yang mungkin menarik perhatian nyamuk. Jadi sebisa mungkin, coba gunakan lotion, sabun, minyak, shampo, dan alat mandi yang tanpa pewangi.

6. Jangan hanya mengandalkan obat anti nyamuk bayi alami
Banyak Anda memilih obat rumahan dan metode alami untuk mengusir nyamuk. Misalnya, beberapa Anda memilih menggunakan cengkeh untuk mengusir nyamuk. Tapi tidak ada bukti yang cukup untuk menjelaskan seberapa efektif cara ini.

BACA JUGA:Tips Cara Aman Berkendara di Jalan Tol Lintas Kota, Waspada Mata Terhipnotis

7. Bersihkan sarang nyamuk
Penting untuk menyingkirkan tempat yang jadi sarang nyamuk. Nyamuk berkembang-biak di air yang tergenang dan bisa bertelur di air tergenang yang sangat sedikit. Pastikan penampungan air seperti drum dan ember tertutup agar nyamuk tidak bisa masuk. Jangan biarkan air di pot tanaman, vas bunga, tanaman dalam ruangan, dan piring hewan peliharaan terlalu lama.

Butuh sekitar 7 hingga 10 hari untuk telur nyamuk menetas. Jadi sering ganti air di dalam wadah. Bersihkan semua wadah air sekali seminggu. Pastikan menggosok bagian sisinya juga. Tambahkan beberapa tetes minyak tanah di kolam kecil dan tempat lain di mana tetap ada air tergenang. Minyak membentuk lapisan di air dan menghentikan nyamuk berkembang-biak.

BACA JUGA:Mau Jadi CapCut Creator Terbaru Tahun 2024? Begini Caranya

Di beberapa area, banyak orang yang melakukan fogging untuk membasmi nyamuk, tapi Anda perlu periksa rumah dan bangunan di sekitarnya untuk memastikan tidak ada air tergenang  atau area di mana nyamuk bisa berkembang-biak. Bersihkan daun kering atau busuk, ban bekas, kaleng, botol atau pot kosong di sekitar rumah. Benda-benda ini bisa jadi pengumpul air hujan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: