Hadiri Festival Jajanan dan Seni Kreatif Nusantara, Pemkot Bengkulu Support UMKM di Lingkungan Sekolah

Hadiri Festival Jajanan dan Seni Kreatif Nusantara, Pemkot Bengkulu Support UMKM di Lingkungan Sekolah

Penjabat Wali Kota Bengkulu, Arif Gunadi, turut menghadiri Festival Jajanan dan Seni Kreatif Nusantara yang diselenggarakan oleh siswa kelas IX SMPN 18 Kota Bengkulu pada Rabu 24 Januari 2024.-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Penjabat Wali Kota Bengkulu, Arif Gunadi, turut menghadiri Festival Jajanan dan Seni Kreatif Nusantara yang diselenggarakan oleh siswa kelas IX SMPN 18 Kota Bengkulu pada Rabu 24 Januari 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Arif Gunadi memberikan dukungan penuh untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sekolah, khususnya di SMPN 18 Kota Bengkulu.

Arif Gunadi berharap bahwa kegiatan festival ini dapat menjadi momentum untuk mengembangkan UMKM di lingkungan sekolah dan diharapkan dapat diaplikasikan di luar sekolah. 

"Semoga dengan kegiatan festival ini bisa mengembangkan UMKM di sekolah dan nantinya bisa diaplikasikan di luar sekolah," ujar Arif Gunadi dalam kata sambutannya.

BACA JUGA:Kpw BI Bengkulu Kembangkan UMKM Lewat WUBI dan PUBI, Petani dan Pelaku Usaha Sudah Rasakan Manfaatnya

Selanjutnya, Arif Gunadi menambahkan bahwa ia sangat mendukung penuh mata pelajaran muatan lokal yang ada di sekolah. 

Menurutnya, pendekatan praktik langsung dalam mata pelajaran tersebut dapat membantu siswa untuk langsung terlibat dan melestarikan budaya di Kota Bengkulu.

"Saya berharap kedepannya akan dibuat Surat Keputusan atau edaran yang mengatur agar di setiap sekolah terdapat mata pelajaran muatan lokal yang diajarkan kepada murid-muridnya, seperti membatik atau kegiatan seni lainnya. Hal ini bertujuan agar kita dapat terus melestarikan dan secepatnya dapat direalisasikan," tambah Arif Gunadi.

Kehadiran Pj Wali Kota Arif Gunadi dalam festival ini memberikan motivasi dan dorongan bagi siswa-siswi SMPN 18 untuk terus berkreasi dan mengembangkan potensi di bidang UMKM serta seni kreatif, menjadikan kegiatan ini sebagai upaya konkret untuk menciptakan lingkungan sekolah yang kreatif dan berdaya saing.

BACA JUGA:Parkir Sembarangan di Depan RSHD Kota Bengkulu, Puluhan Pengendara Ditilang

Untuk diketahui, UMKM merupakan program Nasional yang memberikan ruang dan kesempatan bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan melalui kegiatan UMKM.

Untuk itu guna meningkatkan eksistensi dan inovasi kegiatan UMKM tidak hanya menjadi tugas pemerintah namun tugas bersama termasuk di bidang pendidikan.

Diharapkan dengan adanya program keahlian pemasaran siswa mendapat pengalaman pengetahuan yang baru sehingga nantinya akan bermanfaat bagi siswa ketika akan memasuki dunia pekerjaan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: