Kpw BI Bengkulu Kembangkan UMKM Lewat WUBI dan PUBI, Petani dan Pelaku Usaha Sudah Rasakan Manfaatnya

Kpw BI Bengkulu Kembangkan UMKM Lewat WUBI dan PUBI, Petani dan Pelaku Usaha Sudah Rasakan Manfaatnya

Wisuda WUBI dan PUBI oleh Bank Indonesia Provinsi Bengkulu-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (Kpw BI) Provinsi Bengkulu terus berkomitmen mendukung pengembangan UMKM di Bengkulu. Salah satu upayanya adalah melalui program Wirausaha Unggulan Bank Indonesia (WUBI) dan Petani Unggulan Bank Indonesia (PUBI). 

Program pengembangan tersebut dilakukan baik dari sisi hulu maupun dari sisi hilir. Dari bagian hulu terdapat program pembibitan unggul, pertanian organik, perbaikan pola tanam atau metode budidaya dan penerapan teknologi tepat guna.

Sedangkan pada bagian hilir, terdapat materi terkait penanganan pasca panen, pengembangan produk pangan olahan, serta kemitraan dengan industri, pasar modern dan e-commerce. 

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Gelar Musrenbang Kelurahan Sawah Lebar Baru, Tampung Aspirasi RT

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Indonesia Provinsi Bengkulu, Darjana mengatakan, sepanjang tahun 2023, telah dilaksanakan pendampingan peningkatan kapasitas yang dilakukan secara end-to-end yang didukung dengan digitalisasi untuk mendorong peningkatan produksi, pengelolaan keuangan, dan perluasan akses pasar.

Dalam pelaksanaan program-program tersebut sambung Darjana, BI Bengkulu menggandeng coach dari Integrated Mindset Unique Talent and Spiritual (IMUTS).

Sedangkan peningkatan kapasitas dan kapabilitas WUBI bertujuan untuk mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP). 

BACA JUGA:Tekan Inflasi, Pj Walikota Bengkulu Minta OPD Subsidi Ditributor Bahan Pangan

"Program WUBI  juga sejalan dengan program nasional Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dalam rangka mendorong optimalisasi penggunaan Produk Dalam Negeri," kata Darjana, Rabu (24/1/2024).

Ia menambahkan, melalui program WUBI dan PUBI diharapkan para peserta dapat meningkatakan kapasitas dan kapabilitas untuk menyukseskan program UMKM Naik Kelas dan menjadi program percontohan bagi petani dan pelaku UMKM yang tersebar di Provinsi Bengkulu.

Selain itu, para peserta diharapkan dapat menyebarluaskan ilmu dan manfaat yang didapatkan dari program ini kepada kelompok usaha yang dimiliki dan pelaku usaha yang ada di daerah sehingga dapat memberikan manfaat dan dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif di Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Parkir Sembarangan di Depan RSHD Kota Bengkulu, Puluhan Pengendara Ditilang

Program WUBI dan PUBI yang telah dilakukan selama tahun 2023 telah melalui proses yang panjang mulai dari tes perekrutan hingga pendampingan yang terbagi dalam 3 (tiga) tahapan. 

Saat ini bagi peserta yang berhasil melalui serangkaian tahapan tersebut secara resmi menjadi WUBI dan PUBI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: