Selain Indonesia, Inilah Negara dan Wilayah yang Dulunya Dijajah oleh Belanda

Selain Indonesia, Inilah Negara dan Wilayah yang Dulunya Dijajah oleh Belanda

Belanda pertama kali menginjakkan kakinya di wilayah cikal bakal New York pada tahun 1609. Namun baru pada tahun 1626, Belanda mendirikan kompleks pemukiman di lokasi tersebut.--

5. New York, Amerika Serikat
New York adalah salah satu kota terbesar di Amerika Serikat. Lokasinya yang berseberangan dengan Benua Eropa di sebelah timur menyebabkan kota ini di masa lampau kerap menjadi pintu masuk bagi para imigran Eropa. Di kota ini pulalah, terdapat Patung Liberty yang begitu termahsyur.

Sebelum menjadi negara merdeka seperti sekarang, Amerika Serikat awalnya merupakan negara jajahan Inggris. Namun yang merintis berdirinya kota New York ternyata bukanlah Inggris, melainkan Belanda. Belanda pertama kali menginjakkan kakinya di wilayah cikal bakal New York pada tahun 1609. Namun baru pada tahun 1626, Belanda mendirikan kompleks pemukiman di lokasi tersebut.

Kompleks pemukiman tersebut kemudian berkembang menjadi kota yang mereka beri nama New Amsterdam (Amsterdam Baru). Nama tersebut digunakan sebagai bentuk penghormatan kepada kota Amsterdam yang sekarang menjadi ibukota negara Belanda. Pada periode yang bersamaan, Belanda sedang terlibat perang melawan Inggris. Sebagai bagian dari kesepakatan damai, Belanda terpaksa menyerahkan New Amsterdam kepada Inggris pada tahun 1667.

BACA JUGA: Jangan Tertipu! Inilah Bunga-bunga Cantik Yang Mematikan

Oleh Inggris, nama New Amsterdam kemudian diganti oleh New York. Saat Amerika Serikat berhasil memerdekakan diri dari Inggris, New York ganti berpindah tangan ke Amerika Serikat. Sekarang, New York menjadi salah satu kota terbesar di Amerika Serikat dan bahkan dunia.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: