Pemilik Harus Peka! Kenali Ciri-ciri Motor Anda Bermasalah, Jangan Sampai Rusak Berat

Pemilik Harus Peka! Kenali Ciri-ciri Motor Anda Bermasalah, Jangan Sampai Rusak Berat

Ilustrasi - Oknum bengkel nakal yang suka melebih-lebihkan kerusakan kendaraan-Pinterest -

1. Motor Sulit Dihidupkan

Tentu yang menjadi faktor penentu utama tanda motor sedang bermasalah yakni dengan seringnya kondisi di mana motor sulit dihidupkan. Setiap pengendara tentu sering mengalami kondisi ini. Motor sulit dihidupkan biasanya disebabkan oleh dua faktor, pertama busi dan piston.

Terkadang busi motor bermasalah karena percikan api yang tak cukup besar. Dipengaruhi oleh busi dalam kondisi buruk atau memang sudah waktunya ganti baru. Oleh sebab itu, untuk mengembalikan performa kendaraan, bisa dengan mengganti baru komponen tersebut atau membersihkannya.

Motor sulit dihidupkan atau mati mendadak terkadang juga disebabkan oleh piston. Jika bagian tersebut rusak, maka dinding silinder yang aus menyebabkan oli masuk ke ruang pembakaran dan itulah yang menjadi sumber masalahnya.

BACA JUGA:Cek Spesifikasi, Desain, dan Fitur-fitur Mobil Toyota RAV4

2. Suara Mesin Kasar

Saah satu tanda yang bisa kamu rasakan adalah ada tanda suara mesin kasar bahkan cukup mengganggu saat berkendara, itu menandakan bahwa motor kamu sedang dalam keadaan tidak baik. 

Biasanya hal tersebut dipengaruhi oleh salah satu komponen yang bermasalah, seperti piston, lifter, keteng, kopling, noken as, atau setang seher.

3. Oli Mesin Cepat Habis

Tanda atau ciri selanjutnya yang bisa kamu lihat adalah cepatnya oli habis. Baru beberapa hari mengganti oli mesin, namun kok sudah habis saja. Mungkin kondisi ini juga kerap dialami kamu. 

Jika memang kendaraan sedang mengalaminya, itu tandanya adalah bagian piston sedang bermasalah. Ketika komponen tersebut bermasalah ternyata bisa membakar oli mesin dan lama kelamaan akan habis dengan sendirinya.

BACA JUGA:Keren! Sony Honda Mobility Ciptakan Mobil Listrik yang Bisa Dikemudikan dengan Stik PS

4. Knalpot Tidak Beres

Tanda selanjutnya jika kendaraan kamu mengalami masalah kamu dapat melihat pada bagian knalpot, kenapa? Hal ini penting karena bagian knalpot akan ngebul atau mengeluarkan asap putih, jika mesin motor mengalami masalah itu merupakan tanda bagian piston telah oblak.

Ngebul bisa juga disebabkan oleh ring piston yang sudah aus dan setang piston sedang bermasalah, sehingga menyebabkan oli merembes ke ruang pembakaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: