10 Menu Sarapan Populer yang Ada di Indonesia

10 Menu Sarapan Populer yang Ada di Indonesia

Ragam menu sarapan khas Indonesia paling terkenal -Pinterest -


Ragam menu sarapan khas Indonesia paling terkenal -Pinterest -

Tak kalah populer dari menu-menu sarapan khas Indonesia sebelumnya, bubur ayam adalah sajian bubur yang disajikan bersama siraman kuah dan topping-topping pelengkap seperti irisan daging ayam, kacang tanah atau kacang kedelai yang digoreng, bawang goreng, daun bawang, irisan cakwe, kerupuk, dan juga sambal. 

Sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia, menu sarapan khas Indonesia ini bisa ditemukan dihidangkan di restoran, hotel, hingga dijajakan oleh pedagang kaki lima menggunakan gerobak. 

Jika Anda menikmati bubur ayam yang disajikan oleh pedagang kaki lima, menu sarapan khas Indonesia ini juga kerap dilengkapi tambahan lauk berupa sate kulit ayam, sate telur puyuh, hingga sate ati ampela. Apakah Anda tim penikmat bubur ayam dengan cara diaduk atau tidak diaduk?

BACA JUGA:Menelusuri Sejarah Cara Pembuatan Tempoyak Khas Bengkulu

6. Nasi Kuning


Ragam menu sarapan khas Indonesia paling terkenal -Pinterest -

Sesuai dengan namanya, menu sarapan khas Indonesia selanjutnya ini merupakan sajian nasi yang dimasak menggunakan kunyit dan rempah lain dan juga santan sehingga menghasilkan sajian nasi nan gurih, harum, dan berwarna kuning yang sangat khas. 

Seperti menu sarapan khas Indonesia sebelumnya, sajian nasi kuning dihidangkan dengan ragam lauk-pauk khas Indonesia lainnya seperti tempe, sambal goreng, ayam goreng, serundeng, dan macam-macam lauk lainnya. 

Selain sebagai pilihan menu sarapan, hidangan ini juga kerap disajikan sebagai ‘tumpeng’ yang kerap hadir pada perayaan-perayaan masyarakat Indonesia.

7. Nasi Pecel


Ragam menu sarapan khas Indonesia paling terkenal -Pinterest -

Nasi Pecel cukup populer di wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan sekitarnya, nasi pecel adalah sajian tradisional lainnya yang juga cocok dan populer disajikan sebagai sarapan. 

Nasi pecel atau sega pecel merupakan sajian nasi putih yang disajikan dengan sayur-sayuran seperti kangkung, kacang panjang, daun singkong, daun pepaya, atau bunga turi dan disirami dengan sambal kacang. 

BACA JUGA:Lompong Sagu, Kuliner Warisan Sumatera Barat yang Menggugah Selera

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: