10 Menu Sarapan Populer yang Ada di Indonesia

10 Menu Sarapan Populer yang Ada di Indonesia

Ragam menu sarapan khas Indonesia paling terkenal -Pinterest -

Terbuat dari nasi yang diaron bersama ragam rempah dan santan, Nasi Uduk juga bisa Anda jumpai di banyak daerah serta populer sebagai sajian menu sarapan khas Indonesia. Nasi Uduk kerap disajikan bersama ragam lauk yang setiap daerah mungkin menggunakan lauk berbeda. 

Namun, lauk yang umum disajikan bersama menu sarapan khas Indonesia ini meliputi tempe orek, irisan telur dadar, ayam goreng, serta taburan bawang goreng dan sambal sebagai pelengkap. Dengan cita rasa gurih nan lezat dan aromanya yang nikmat, tak heran nasi uduk sangat digemari sebagai menu sarapan oleh masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:Mangut Lele, Kenikmatan Olahan Lele Para Sultan Yogyakarta

3. Lotek


Ragam menu sarapan khas Indonesia paling terkenal -Pinterest -

Lotek adalah salah satu makanan khas Sunda yang mudah ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Lotek merupakan versi lain dari karedok yang bahannya mentah. 

Sepintas lotek ini hampir mirip dengan gado-gado, yakni makanan berupa rebusan sayuran segar yang disiram dressing berupa sambal dicampur bumbu kacang. 

Keunikannya, sebagai bahan sambal di samping kacang sering kali ditambahkan tempe dan dalam bumbunya ditambahkan terasi, gula merah, dan bawang putih. Secara umum, lotek terasa lebih manis daripada pecel ataupun gado-gado.

BACA JUGA:Bubur Champion, Bubur Juara Khas Minangkabau

4. Lontong Sayur


Ragam menu sarapan khas Indonesia paling terkenal -Pinterest -

Lontong sayur atau kupat sayur adalah sajian khas Nusantara lainnya yang cukup populer disantap sebagai menu sarapan oleh masyarakat Indonesia. 

Terbuat dari beras yang dimasak dalam bungkusan daun pisang atau ketupat yang disajikan bersama kuah bersantan yang gurih dengan sayur-sayuran seperti potongan labu siam, nangka, buncis ataupun kacang panjang, lontong sayur menjadi salah satu menu sarapan khas Indonesia yang sangat mengenyangkan. 

Sebagai pelengkap, lontong sayur juga kerap dilengkapi dengan tambahan topping telur rebus dan juga kerupuk.

5. Bubur Ayam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: