Hempas Kerutan Pakai Masker Peningkat Kolagen, Gunakan Bahan Alami dari Pemanis Ini

Hempas Kerutan Pakai Masker Peningkat Kolagen, Gunakan Bahan Alami dari Pemanis Ini

Masker wajah dari bubuk kopi-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tubuh manusia sejatinya terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan pada usia muda, termasuk pada bagian kulit. 

Namun pada tahap tertentu, proses tumbuh kembang ini akan berhenti dan mulai masuk pada proses penurunan fungsi keseluruhan organ tubuh yang juga memicu perubahan pada struktur kulit. Fase inilah yang disebut banyak orang sebagai fase penuaan.

Salah satu tanda pada kulit yang mengalami proses penuaan adalah munculnya kerutan, seperti keriput serta garis-garis halus. Tanda-tanda penuaan ini biasanya dapat dengan mudah terlihat di wajah, namun juga bisa muncul di area kulit tubuh lainnya. 

Munculnya tanda penuaan tersebut diakibatkan oleh hilangnya kemampuan kulit dalam memproduksi kolagen dan elastin dalam kulit, seiring bertambahnya usia. Akibatnya, struktur kulit lama-kelamaan melemah, menjadi kendur, dan menimbulkan tanda-tanda tadi.

BACA JUGA:Agar Tampak Awet Muda, Pakai Masker dari Gel Berbahan Alami Berikut

Selain itu, akumulasi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dalam waktu yang lama pada akhirnya akan menyebabkan kulit mengalami keriput lebih cepat. Pasalnya, sinar matahari dapat membuat kulit menjadi kering akibat menguapnya cairan di dalam tubuh yang berfungsi menjaga kelembapan kulit dan mendukung pembentukan kolagen.

Makanya, tak mengherankan bila tanda-tanda penuaan dapat muncul bahkan di umur yang masih muda sekalipun. Namun begitu, tidak perlu khawatir. Soalnya, kamu dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan bahan alami sebagai solusi alternatif.

Salah satu cara yang dapat kamu coba adalah dengan mencampurkan madu, yoghurt, dan bubuk kopi.

Madu merupakan hasil ekstraksi lebah yang dipercaya sejak lama dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan enzim, mineral, dan vitamin dalam madu merupakan zat yang efektif dalam meningkatkan elastisitas kulit dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru. 

BACA JUGA:Mulut Kering dan Mudah Haus, Jadi Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula!

Selain itu, madu penuh dengan faktor hidrasi yang dapat memberi kelembapan dan nutrisi secara mendalam dengan baik, sehingga dapat memperkuat skin barrier dan menjadikan kulit lebih kenyal.

Yoghurt merupakan produk hasil fermentasi susu yang kaya akan manfaat. Yoghurt mengandung asam laktat yang membantu meningkatkan proses regenerasi dan mengembalikan elastisitas kulit.

Bakteri baik dalam yoghurt juga membantu menjaga keseimbangan pH kulit dan memberikan kelembapan, sehingga dapat meminimalisir potensi kerutan berlebih pada wajah.

Bubuk kopi mengandung antioksidan, seperti asam klorogenat, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini juga dapat merangsang produksi kolagen, protein yang membantu menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: