Agar Tampak Awet Muda, Pakai Masker dari Gel Berbahan Alami Berikut

Agar Tampak Awet Muda, Pakai Masker dari Gel Berbahan Alami Berikut

Tips awet muda-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Seiring dengan bertambahnya usia, tubuh akan mengalami perubahan, termasuk kondisi kulit yang memasuki proses penuaan. 

Proses penuaan tersebut ditandai dengan kulit yang menjadi kendur serta dipenuhi keriput dan garis halus. Perubahan tersebut terjadi karena produksi kolagen kulit yang semakin berkurang seiring bertambahnya usia, sehingga menyebabkan struktur kulit yang awalnya kuat menjadi lemah.

Selain itu, berkurangnya volume lemak di wajah juga membuat wajah terlihat kurang berisi, sehingga kulit tidak lagi terlihat kencang dan kenyal. Kondisi ini jelas membuat wajah terkesan tidak lagi menarik dan dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. 

Selain terjadi secara alami, paparan sinar matahari juga berkontribusi pada percepatan proses penuaan kulit.

BACA JUGA:Longsor di Liku Sembilan Semakin Parah, Kendaraan Roda 6 Tak Diizinkan Melintas

Sinar ultraviolet (UV) yang dibawa matahari, terutama sinar UVA dapat merusak kolagen dan elastin dalam kulit yang menjaga struktur kulit. Ditambah dengan pengaruh polusi lingkungan, lapisan pelindung kulit pun akan mengalami gangguan dalam menjalankan fungsi normalnya, sehingga mempercepat penuaan. 

Untuk menghambat penuaan di kulit, kamu bisa memanfaatkan banyak bahan alami sebagai cara alternatif. Salah satunya dengan menggunakan campuran pisang bersama aloe vera dan madu.

Pisang kaya akan nutrisi berupa beragam vitamin, serta mineral seperti potassium dan magnesium. Kandungan vitamin A dan C dalam pisang dapat membantu memperbaiki kerusakan pada kulit dengan merangsang produksi kolagen.

Vitamin-vitamin yang terkandung dalam pisang akan memberi efek dalam menjaga kelembapan kulit, mengurangi kerutan, dan mempromosikan kulit yang baru. 

BACA JUGA:Ternyata Arti Warna Urine Bisa Deteksi Kondisi Kesehatan Seseorang

Pisang juga mengandung enzim bromelain yang membantu membersihkan kulit dari kotoran dan menjaga kelembutan, sehingga kulit terlihat cerah dan tampak muda.

Madu dikenal memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat menjaga kesehatan kulit. Hal ini disebabkan oleh kandungan enzim dan antioksidan dalam madu yang efektif meningkatkan elastisitas kulit dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru. 

Selain itu, madu memiliki kemampuan memberikan hidrasi mendalam pada kulit, sehingga dapat memperlambat tanda penuaan muncul.

Gel di dalam aloe vera atau lidah buaya mengandung banyak senyawa bermanfaat seperti vitamin (A, C, dan E), mineral, enzim, asam amino, dan polisakarida. Kandungan tersebut memungkinkan aloe vera untuk melembapkan kulit secara mendalam dan merangsang produksi kolagen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: