Orang Tua Harus Tau! 5 Dampak Negatif Game Online Bagi Anak-anak

Orang Tua Harus Tau! 5 Dampak Negatif Game Online Bagi Anak-anak

Dampak negatif game online pada anak-anak -Pinterest : @mogandfog-

BACA JUGA:Daftar Harga HP Oppo Terbaru di Awal Tahun 2024, Pilihan Varian yang Menarik

2. Kecanduan Game Online

Seseorang yang sudah sering sekali bermain game online akan berdampak pada sikap dan perilaku. Keseringan bermain game online akan membuat seorang kecanduan bahkan tidak bisa berhenti bermain dan akan terus menghabiskan waktunya agar puas saat bermain game online.

3. Kehilangan Kontrol atas Waktu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya seseorang yang kecanduan game online akan lebih banyak menghabiskan waktunya. Semakin hal ini terjadi maka akan semakin banyak   waktu yang dihabiskan untuk bermain game lebih dari dua jam/hari atau lebih dari 14 jam/minggu. Hal tersebut dapat membuat anak kehilangan kontrol diri dan kontrol waktu ia miliki karena lebih puas dengan permainan. Jika sudah kehilangan kontrol diri anak-anak akan lebih muda emosi dan mengeluarkan kata-kata tidak pantas karena pengaruh lingkungan pertemanan yang ada di game online.

4. Penurunan Kinerja Otak

Permainan game online juga bisa menghambat remaja dalam belajar. Sekarang kebanyakan anak tidak suka membaca dikarenakan kecanduan yang berlebihan yang didapat dari game online. Remaja yang kecanduan game online akan cenderung menjadikannya semakin malas belajar.

BACA JUGA:Ini Dia Jenis-jenis Speaker yang Harus Kamu TahuBACA JUGA:Souncard V8, Alat Mixer Sound Efek Live Audio Terbaik

BACA JUGA:Oppo Reno 11 Series Segera Rilis, Fitur Kameranya Bakalan Bersaing dengan Samsung, Ini Bocoran Spesifikasinya

5. Kesehatan Tergantung

Dengan bermain game secara menerus biasanya seseorang akan rela menahan lapar dan haus, hal ini berdampak bagi kesehatan. Karena semulanya tubuh bekerja secara normal kini dipaksa untuk bekerja lebih keras sebab tidak ada asupan energi yang masuk ke dalam tubuh. Tak heran jika kecanduan bermain game online akan menyebabkan timbulnya beberapa penyakit seperti, asam lambung, magh dan anemia.

Game online akan berdampak baik jika digunakan secara bijak, para orang tua hendaknya selalu berhati-hati dan selalu mengawasi anak-anak dalam menggunakan game online untuk bermain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: