Melihat Kesiapan Pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia

Melihat Kesiapan Pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia

Maket Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. -ANTARA/Aji Cakti-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pembangunan infrastruktur di kawasan inti pusat pemerintahan Ibu Kota Nusantara pada sebagian wilayah, yakni di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, terus berlanjut.

Proses pembangunan di kawasan inti pusat pemerintahan ibu kota negara masa depan Indonesia itu dimulai pada 2020, kemudian sejumlah proyek pembangunan fisik di Kota Nusantara mulai dilakukan pada 2021.

Pembangunan dan pemindahan negara Indonesia dari Jakarta ke sebagian wilayah di Provinsi Kalimantan Timur itu merupakan program super prioritas Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Pemindahan ibu kota negara Indonesia terbagi menjadi empat tahapan, yaitu, persiapan, pembangunan, pemindahan, dan penyelenggaraan pemerintahan.

BACA JUGA:Menunggu Tol Bengkulu-Palembang, Penghubung Strategis Pulau Sumatera

Pembangunan Kota Nusantara tahap persiapan meliputi pembangunan hunian bagi pekerja, jalan akses dan sentra logistik, serta penyelesaian pasokan air minum.

Hingga kini, pembangunan infrastruktur yang dimulai pada 2021 telah mencapai sekitar 62,65 persen dan pembangunan Istana Kepresidenan di kawasan inti pusat pemerintahan ditarget rampung dan dapat difungsikan pada Juli 2024.

Saat kunjungan pada 20-21 Desember 2023 untuk peletakan batu pertama sejumlah pembangunan fisik baru dan melihat kemajuan pembangunan yang telah dilakukan di ibu kota negara Indonesia, Presiden Jokowi menyatakan merasa puas dengan melihat kemajuan pembangunan Kota Nusantara itu.

Ibu kota negara Indonesia diyakini memberikan daya tarik bagi para investor dalam negeri maupun luar negeri, sebab Kota Nusantara itu menjanjikan masa depan berbeda dibandingkan wilayah lainnya.

Kemajuan pembangunan

Proyek pembangunan infrastruktur ibu kota negara Indonesia yang kontrak kerjanya dimulai pada 2021, antara lain pembangunan Kantor Presiden dan Istana Negara, Bendungan Sepaku Semoi, dan pembangunan tol tahap pertama akses Kota Nusantara.

BACA JUGA:KPU Bengkulu Usulkan Petugas KPPS Dapat Perlindungan Kesehatan

Pengerjaan untuk pemenuhan kebutuhan air bersih dalam tahap penyelesaian akhir, yakni, Bendungan Semoi dan pengambil air (intake) Sepaku, selanjutnya pekerjaan sistem penyediaan air minum dan jaringan distribusi ke wilayah Kota Nusantara juga dalam tahap penyelesaian akhir.

Sejumlah akses jalan untuk meningkatkan konektivitas ke kawasan ibu kota tahap pertama terus berlanjut. Saat ini pembangunan jalan tol menuju kawasan inti pusat pemerintahan Kota Nusantara dalam tahap penyelesaian akhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: