Kondisi Air Seperti Apa yang Baik untuk Memandikan Bayi?

Kondisi Air Seperti Apa yang Baik untuk Memandikan Bayi?

suhu untuk mandi bayi air nya hangat suam-suam kuku, yakni disuhu 36-38 derajat celcius.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kondisi saat memandikan bayi merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Seperti pemilihan air hangat atau air dingin, karena baik air hangat dan air dingin memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Dokter Umum di RS Permata Serdang, Banten, Wulandari mengatakan, yang mengetahui kondisi bayi dan lingkungan adalah orang tua bayi sendiri.

BACA JUGA:Penderita Diabetes Sebaiknya Tidak Mengonsumsi Karbohidrat,Mitos Atau Fakta?

“Bayi baru lahir hingga 6 bulan memiliki sistem suhu dipusat otak bayi yang masih belum sempurna. Sehingga bayi kurang 6 bulan tidak disarankan mandi air dingin, dan jika sudah diatas 6 bulan pun mandi dengan air dingin dilakukan dengan cara bertahap agar bayi tidak kaget,” ujarnya saat live Instagram bersama Doodle Exclusive Baby Care.

Menurut Wulan, memandikan bayi dengan air dingin bermanfaat untuk meningkatkan sel darah putih yang berfungsi meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, memandikan bayi dengan air hangat bisa melarutkan kotoran dilipatan-lipatan dengan mudah. Disisi lain dengan mandi air hangat mampu merelaksasi otot-otot bayi.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Buat Taman Kenangan, Nilainya Rp 199 Miliar

“Selain memiliki manfaat yang baik untuk bayi, memandikan bayi dengan suhu air hangat juga memiliki dampak membuat kulit bayi kering jika suhu air yang digunakan terlalu panas. Kulit kering juga disebabkan durasi mandi, sehingga disarankan memandikan bayi tidak lebih dari 10 menit,” ungkapnya.

Lanjutnya, untuk bayi yang baru lahir, sebaiknya baru diperbolehkan untuk dimandikan 6 hingga 8 jam setelah lahir. Hal ini dikarenakan biasanya bayi yang baru lahir memiliki lemak-lemak dibadannya yang fungsinya untuk mengatur suhu.

BACA JUGA: Beli Tanah, Puluhan Warga Kota Bengkulu Tertipu Ratusan Juta

“Bayi yang sudah putus tali pusarnya diperbolehkan mandi 1 hingga 2 kali sehari. Apalagi iklim tropis cuaca panas sering berkeringat timbul bakteri dan ada penyakit yang tidak diinginkan baiknya dimandikan. Sebelum dimandikan bayi sebaiknya diawali dengan melap dengan menggunakan waslap baru setelah itu dimandikan. Jika tali pusar nya belum putus baiknya dilap-lap saja pakai waslap, bayi tersebut bersih atau kotor harus dibersihkan,” katanya lagi.

Wulan menambahkan suhu untuk mandi bayi air nya hangat suam-suam kuku, yakni disuhu 36-38 derajat celcius. Selain itu, suhu diruangan kamar mandi tidak boleh dingin atau panas. Yang perlu diperhatikan adalah saat memasukan air hangat, air hangat harus diratakan supaya titik hangat merata, karena jika tidak merata akan menyebabkan kulit bayi menjadi merah-merah.

BACA JUGA:Trik Mudah Mengatasi Layar HP Bergaris Tanpa Perlu Servis, Sangat Gampang dan Wajib Dicoba

Sementara untuk bayi dengan berat badan lahir rendah atau prematur, Dokter di RS Permata Serdang, Banten ini mengatakan bayi yang dikatakan bayi prematur adalah bayi yang usia didalam kandungan kurang dari 37 minggu atau beratnya kurang dari 2500 gram. Melihat ini bayi prematur sebaiknya menggunakan air hangat, hal ini dikarenakan untuk menghindari bayi yang biasanya mengalami hipotermia apalagi kulitnya masih tipis. Untuk itu perlu diperhatikan suhu mandinya karena kulitnya masih tipis.

Diketahui, Doodle Exclusive Baby Care merupakan perusahaan penyedia perlengkapan perawatan bayi ksklusif di Tanah Air. Seperti produk viral Doodle minyak telon Doodle yang digemari oleh ibu-ibu milenial di Indonesia.

BACA JUGA:Jelang Akhir Tahun, Berikut Ragam Pilihan Mobil Bekas Rp 70 Jutaan per Desember 2023

Minyak telon eksklusif ini menguarkan wangi sweet green tea yang khas, lembut, dan menyegarkan. Aroma sweet green tea-nya terbuat dari essential oil alami dan bukan fragrance, sehingga aman jika terkena kulit bayi.

Selain Doodle Exclusive Telon Oil, perusahaan juga menghadirkan produk eksklusif lainnya, yakni telon roll on (Doodle Exclusive Telon Oil Travel Size – Roll On), detergen bayi (Doodle Baby Laundry Detergent), losion bayi (Doodle Baby Lotion), dan berbagai produk perawatan bayi lain yang akan diluncurkan di kemudian hari. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: