Rumah Terasa Dingin karena Berhantu? Ini Dia Penjelasannya Menurut Islam!

Rumah Terasa Dingin karena Berhantu? Ini Dia Penjelasannya Menurut Islam!

rumah perlu terasa aman dan nyaman agar melepas lelah semua anggota keluarga yang ada di rumah tersebut.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Terdapat beberapa orang yang percaya jika salah satu alasan rumah terasa dingin karena terdapatnya makhluk yang tidak kasat mata yang tinggal. Apakah hal tersebut benar? Berikut ini penjelasan kenapa rumah terasa dingin menurut islam.

rumah adalah salah satu tempat untuk beristirahat seluruh anggota keluarga setelah selesai beraktivitas seharian. Oleh sebab itu, rumah perlu terasa aman dan nyaman agar melepas lelah semua anggota keluarga yang ada di rumah tersebut. Akan tetapi, terdapat beberapa momen rumah terasa tidak nyaman untuk ditinggali karena dianggap terlalu dingin. Apalagi lagi, ketika baru memasuki ke musim hujan.

BACA JUGA:Pemuda Kota Bengkulu Pilih Akhiri Hidup dengan Bunuh Diri

Padahal seharusnya pada saat musim hujan, rumah dapat menjadi tempat yang hangat dari terpaan udara dinding di luar sana. Peristiwa seperti ini sering kali dikaitkan oleh beberapa orang bahwa penyebab rumah terasa dingin karena hal mistis. Contohnya seperti kehadiran makhluk astral. Orang yang mempercayai hal tersebut biasanya akan mencari solusi seperti meruqyah rumah, dengan pemikiran dan harapan jin ataupun setan dapat pergi dari rumah.

BACA JUGA:Gelar Juara Asia Diperebutkan Dua Pebalap Astra Honda

Lalu seperti apa pandangan Isam tentang penyebab rumah terasa dinding. Berikut ini beberapa penjelasannya.

Berdasarkan penjelasan dari kitab suci umat Islam yaitu Al Quran, rumah merupakan sumber dari ketenangan. Hal ini dijelaskan pada firman Allah dalam surat An-Nahl ayat 80 yang berbunyi sebagai berikut:
“Allah menjadikan untuk Kamu rumah-rumah Kamu sebagai tempat ketenangan.”

Rumah dalam islam merupakan rumah yang mempunyai ciri-ciri antara lain, dekorasi rumah yang tidak berlebihan, luas dan bersih, tidak memajang patung dan juga tidak memelihara anjing. Berbicara tentang luas dan bersih, hal ini berarti pada saat membangun rumah harus diperhatikan desain yang memenuhi standar kesehatan dan ilmu arsitektur.

BACA JUGA:Waspada Hujan Deras, Petir dan Angin Kencang! Ini Tips dari PLN

Contohnya, adanya kehadiran ventilasi yang berguna untuk sirkulasi udara, plafon yang tinggi, dan lain sebagainya. Kemudian, dianjurkan juga untuk menghiasi rumah secara wajar, dari harta yang diperoleh secara berkah dan tentunya halal.

Islam juga melarang pemilik rumah untuk menyimpan patung ataupun memelihara anjing. Hal ini dikarenakan telah dijelaskan dalam hadist bahwa malaikat tidak mau masuk bahkan akan menjauh dari rumah yang ada kehadiran patung ataupun anjing.

BACA JUGA:Motor Baru Honda CB150R Streetster 2024 Resmi Dirilis, Ini Penampakannya

Sedangkan, untuk pertanyaan kenapa rumah terasa dingin menurut Islam sebenarnya tidak penjelasan yang jelas tentang hal tersebut. Akan tetapi, berdasarkan tafsir hadits yang telah dijelaskan di atas. Rumah terasa dingin menurut islam bisa saja terjadi karena desain rumah yang tidak sesuai sehingga hal tersebut dapat terjadi dan dirasakan oleh sang pemiliknya.

Penyebab Rumah Terasa Dingin Berdasarkan Segi Desain Interior

Mengikuti fakta yang ada di dalam dunia desain interior, penyebab rumah terasa dingin dapat disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari faktor atap, jendela, taman dengan tanaman hias yang ditempatkan di dalam rumah, hingga dinding rumah. Tidak hanya terasa dingin saja, terdapat juga waktunya salah satu ruangan di rumah, contohnya saja kamar jadi terasa lebih panas.

BACA JUGA:Lebih Ampuh dari Doa, Berikut Ini Keutamaan Sedekah Setiap Hari

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, berikut ini beberapa penyebab rumah terasa dingin berdasarkan segi desain interiornya.

1. Penangkap Angin
Beberapa rumah lama biasanya mempunyai penangkap angin yang diletakkan di atas jendela. Elemen bangunan yang satu ini akan membuat kondisi agar udara bisa terus menerus bersirkulasi ke dalam rumah. Akan tetapi, biasanya penangkap angin di desain terbuka dan tidak dapat ditutup seperti jendela pada umumnya.

2. Atap Rumah
Penggunaan atap yang tinggi atau biasa dikenal high ceiling juga dapat membuat udara di dalam ruangan menjadi terasa lebih dingin jika dibandingkan biasanya. Tidak hanya itu saja, penggunaan material atap rumah juga dapat mempengaruhi kondisi suhu ruangan di rumah. Oleh karena itu, saat ini banyak desain rumah yang menggunakan konsep atap yang tinggi agar rumah dapat terasa sejuk ataupun dingin.

BACA JUGA:Motor Baru Honda CB150R Streetster 2024 Resmi Dirilis, Ini Penampakannya

3. Taman yang Berada Di Bagian Tengah Rumah
Penyebab rumah terasa dingin berdasarkan segi desain interiornya berikutnya yaitu terdapatnya taman di tengah rumah yang berkontribusi dan dapat membuat ruangan menjadi lebih dingin di beberapa momen. Taman indoor mempunyai prinsip seperti penangkap angin, hal ini dimana akan ada perputaran udara dari luar ke dalam rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: