Lebih Ampuh dari Doa, Berikut Ini Keutamaan Sedekah Setiap Hari

Lebih Ampuh dari Doa, Berikut Ini Keutamaan Sedekah Setiap Hari

sedekah lebih ampuh digunakan sebagai ikhtiar tolak balak daripada sekadar doa. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu pintu sukses bagi seseorang dalam menuntaskan kegiatan seharian adalah di antaranya ditentukan dari cara mengawali hari. Karenanya, beberapa ulama menyarankan untuk menyiapkan diri dalam menyongsong kegiatan harian. Dapat dengan melaksanakan shalat dhuha, membaca Al-Qur’an, memperbanyak shalawat, doa khusus pagi hari sebagaimana dilakukan Nabi Muhammad SAW, termasuk dengan sedekah.

BACA JUGA:Honda Giorno 125 Bergaya Retro Ini Dipasarkan dengan Harga Murah, Fitur Modern dan Irit BBM

Perlu diketahui bahwa sedekah baik yang wajib yaitu zakat, maupun sedekah sunnah merupakan salah satu pilar ajaran Islam. Keutamaannya pun sangat banyak. Di antaranya adalah sedekah lebih ampuh digunakan sebagai ikhtiar tolak balak daripada sekadar doa. Apalagi kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dalam perjalanan hari ini. Apakah seharian akan baik-baik saja, atau malah dipertemukan dengan peristiwa di luar perkiraan.

Kisah Kedahsyatan Sedekah

Dalam hal ini, Abu Hurairah RA sebagai sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits Rasulullah SAW pun mantap memilih sedekah untuk tolak balak daripada sekadar doa. Bahwa suatu ketika, ada orang menghadapnya mengadukan keresahan yang dirasakan. Ia menyebut , hatinya terus-menerus gundah gulana merisaukan keselamatan anaknya yang sedang bepergian.  Orang itu pun berkeluh kesah kepada Abu Hurairah RA.

BACA JUGA:Mulai Rp 200 Jutaan, Inilah Update Harga Mobil Hybrid November 2023

“Mohoh Anda berkenan untuk mendoakan anakku. Sebab, sungguh hatiku sangat mengkhawatirkan keselamatan jiwanya,” kata orang itu penuh kekhawatiran.  Mendapati permohonan doa seperti itu, Abu Hurairah ra sebagai pribadi yang sangat tekun beribadah selalu shalat malam serta memohon ampunan dan bertobat kepada Allah hingga 12.000 kali tiap hari justru tidak segera memenuhinya. Bahkan menawarkan solusi lain, yaitu sedekah yang lebih ampuh dari sekadar doanya.

“Apakah Anda mau aku tunjukkan solusi yang lebih ampuh, lebih manjur, dan lebih cepat dikabulkan (oleh Allah) daripada sekedar doaku?” tanya Abu Hurairah RA. Orang itu pun kemudian mengiyakannya.

BACA JUGA:Kenapa Bentuk Miss V Seperti Jengger Ayam?

Kemudian, Abu Hurairah RA menyarankannya agar bersedekah dengan niat untuk keselamatan anaknya.  Seusai menghadap Abu Hurairah RA dan mendapatkan saran agar bersedekah untuk keselamatan anak, orang itu kemudian segera melaksanakannya.

Ia bersedekah satu dirham sekadar untuk perkiraan, satu dirham Uni Emirat Arab sama dengan Rp3.880 —kepada seseorang yang kebetulan meminta-minta kepadanya, seraya berdoa: Ya Allah, sedekah ini adalah tebusan untuk keselamatan anakku dan apa saja yang bersamanya.

BACA JUGA:Pria Setengah Abad di Bengkulu Meninggal Dunia Usai Berhubungan Badan

Beberapa waktu kemudian setelah anaknya tiba di rumah, tanpa mampu lagi menahan rasa penasaran, orang itu langsung menanyakan kabar perjalanan anaknya. Apa saja yang dialaminya dalam perjalanan itu mengingat dirinya yang di rumah selalu was-was mengkhawatirkan keselamatannya. 

Singkat cerita, sang anak kemudian mengisahkan bahwa dirinya telah mengalami peristiwa luar biasa. Hampir saja ia mati tenggelam di tengah lautan bersama kapal yang ditumpanginya. Namun, di tengah kepanikan akan tenggelam ia mendengar suara yang sangat jelas di telinganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: