Bangka Botanical Garden, Destinasi Agrowisata di Pangkal Pinang

Bangka Botanical Garden, Destinasi Agrowisata di Pangkal Pinang

Botanical Garden-Sumber : Akun Instagram @sukimintho-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Berkunjung ke Bangka Belitung, pantai selalu menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi. Banyak sekali referensi wisata bahari yang bisa kamu kunjungi saat berlibur. Tetapi, tahukah kamu? Belitung juga memiliki wisata eksotis yang tersembunyi di Pangkal Pinang.

Bangka Botanical Garden terletak di Jl. Raya Pasir Padi - Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan, Air Itam, Bukit Intan, Air Itam, Kec. Bukitintan, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Jika kamu ingin berkunjung ke destinasi wisata dengan suasana yang berbeda, Bangka Belitung juga memiliki satu destinasi yang berhubungan dengan agrowisata. Tempat ini menjadi pilihan favorit para wisatawan sebagai alternatif lain dari wisata pantai.

Bangka Botanical Garden (BBG). Tempat ini adalah lahan pengembangan holtikultura, peternakan, penyediaan bibit dan pakan ternak. Tempat ini memanfaatkan lahan eks tambang timah dan lahan kritis berupa lahan gambut dan berpasir serta merupakan program percontohan yang dilakukan pihak swasta dalam mengelola dan menciptakan ekosistem baru. 


Kuda yang di perlihara di Bangka Botanical Garden. -Sumber : @utami-

BACA JUGA:5 Destinasi Wisata Edukasi Belitung, Liburan Lebih Bermanfaat dan Menyenangkan

Bangka Botanical Garden mampu mengolah lahan dengan tingkat pH (keasaman) di bawah 5 menjadi lahan subur dengan berbagai jenis tanaman, tambak budidaya jenis ikan air tawar dan peternakan sapi perah dan potong. Sangat mengedukasi bukan? 

Tentunya saat kamu berkunjung di Bangka botanical garden kamu bisa mengetahui dan melihat berbagai jenis tanaman yang dibudidayakan, bagaimana membudidayakan ikan air tawar bagaimana cara berternak sapi perah, dan bagaimana cara memotong hewan ternak. 

Hal ini menjadikan Bangka Botanical Garden sebagai acuan pengembangan lahan tidak produktif bagi daerah-daerah di Indonesia. Bahkan, lahan ini menjadi kawasan ecotourism modern serta ikon kepedulian lingkungan masyarakat Bangka Belitung.

Lokasi agrowisata ini merupakan ruang hijau seluas 300 hektar. Wisatawan yang berkunjung ke lokasi Bangka Botanical Garden dapat menikmati kesejukan udara, sekaligus belajar mengenai usaha pertanian, peternakan, serta perikanan terpadu dengan cara organik.

Agrowisata ini letaknya cukup strategis, bersebelahan dengan Lantai Pasir Padi, serta mudah dijangkau dari pusat Kota Pangkalpinang.


Lokasi pertenakan sapi yang ada di Bangka Botanical Gargen. -Sumber : Catatan sinine-

BACA JUGA:Air Terjun Lubuak Rantiang: Surga Tersembunyi di Tengah Hutan Kota Padang

Selain menyediakan sarana destinasi wisata edukasi, destinasi wisata ini juga memiliki Daya Tarik lainnya, apa saja. Simak ulasan berikut ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: