Pulau Rubiah, Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Kaum Thallasopile

Pulau Rubiah, Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Kaum Thallasopile

Pulau Rubiah merupakan salah satu destinasi wisata dengan keindahan alam di pulau tak berpenghuni yang berada Kota Sabang,Provinsi Aceh tepatnya di sebelah barat laut dari Pulau Weh.-Sumber foto : Akun Instagram @nuansaalamkita-

BENGKULUEKPRESS.COM - Teruntuk kaum Thallasopile ( penikmat pantai dan laut ) dan memiliki hobi berwisata snorkling, diving  atau untuk berlibur melepas penat setelah bekerja keras. Kamu wajib bertandang ke salah satu destinasi wisata Bawah laut yang ada di Kota Sabang, Pulau Rubiah.

Pulau Rubiah merupakan salah satu destinasi wisata dengan keindahan alam di pulau tak berpenghuni yang berada Kota Sabang, Provinsi Aceh tepatnya di sebelah barat laut dari Pulau Weh.

Pulau ini akan membuat Kawan terpesona serta takjub akan keindahan bawah lautnya, keelokan pemandangannya yang eksotis dan sejarah tempat ini.

Dilansir dari laman wikipedia.org nama Rubiah berasal dari salah satu para aulia (Pemuka Agama) 44 yang berada di kota Sabang yakni Ummi Siti Rubiah. Pulau rubiah adalah Tujuan destinasi Utama di Aceh dengan keindah bawah lautnya.


Keindahan Pulau Rubiah dengan pasir putih dan air laut yang biru. -Sumber : Akun Instagram @athaya.clo-

BACA JUGA: Gua Sarang, Destinasi Wisata Petualangan Menantang dan Eksotis di Aceh

Di sini juga merupakan tempat karantina haji tertua di nusantara yang hanya ada dua kala itu, satu lagi berada di Onrust Kepulauan Seribu.

Pondasi bekas karantina haji juga masih bisa kita lihat hingga sekarang, dan beberapa bangunan lainya seperti bak penampungan air.

Pulau Rubiah memiliki perairan yang sangat bersih dan jernih dan ombaknya yang tenang dengan suasana yang sangat membuat siapa saja akan nyaman dan betah untuk berlama-lama berada di pulau ini. Sehingga, jangan heran jika yang berkunjung ke sini bukan hanya para wisatawan lokal saja namun juga para wisatawan mancanegara sering menikmati keindahan Pulau Rubiah ini. Apa menariknya Pulau Rubiah?  yuk simak ulasanya.

Meski tidak berpenghuni kini Pulau Rubiah disulap menjadi wisata Aceh yang wajib untuk dikunjungi bagi para wisatawan yang sedang berlibur ke Aceh. Kawan yang memiliki hobi snorkeling tentu rugi jika tidak mengunjungi wisata Aceh yang terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya ini. Terdapat 14 dari 15 biota laut yang dilindungi di Indonesia berada di pulau ini.

BACA JUGA:Gunung Jaboi, Destinasi Gunung Api Menantang dan Eksotis di Kota Sabang, Nangroe Aceh Darussalam

Pasirnya yang bersih karena pulau ini terjaga dengan baik dan masih alami, tentu akan membuat Kawan menjadi nyaman saat bermain pasir. Bahkan ombak di pulau ini juga cukup tenang, sehingga aman untuk berenang.


Pemandangan bawah laut bersama ikan kecil berwarna-warni -Sumber : Akun Instagram @frenkiharefa-

Untuk melakukan diving dan snorkeling, para wisata hanya dibolehkan untuk menyelam hingga 15 meter saja. Nah, bagi tidak membawa perlengkapan diving dan snorkeling, Kawan bisa menyewanya kepada pihak pengelola untuk berenang bersama ikan tropis dan terumbu karang dengan warna - warna yang sangat indah dan memesona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pulau rubiah aceh