Teknik Memijat Yang Tepat Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Teknik Memijat Yang Tepat Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Pijat umumnya tidak berbahaya, tetapi terlalu banyak tekanan atau salah teknik bisa berbahaya.--

Cara memijat tangan
Jepit ujung jari dengan tekanan yang cukup, tetapi jangan terlalu keras. Lakukan ini selama sekitar 2-3 detik. Ulangi untuk kedua kalinya guna memijat bagian ujung jari. Gunakan satu tangan untuk membungkus tangan lain, letakkan ibu jari kamu di telapak tangan yang lain. Kemudian, buat gerakan pendek dan tegas dengan ibu jari kamu untuk menekan bantalan tangan kamu.

Cara memijat kaki
Pijat refleksi kaki merupakan metode pengobatan alternatif dengan cara menekan titik-titik tertentu pada area kaki. Terapis percaya bahwa, titik refleksi ini mewakili kondisi organ dan anggota tubuh tertentu. Untuk memulainya kamu bisa mengatur posisi tubuh senyaman mungkin. Lalu,  ambil napas panjang hingga merasa rileks. Tekan titik refleks yang sesuai, lalu lakukan gerakan yang lembut. Kamu bisa melakukan teknik ini sekitar 10 detik, tapi hasilnya bisa langsung terasa.

BACA JUGA:Konser Amal Warga Bengkulu untuk Palestina Tembus Rp 100 Juta

Cara memijat kepala
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit kepala dengan pijat refleksi pada titik-titik tertentu, seperti tangan, leher, atau bagian lainnya. Melakukan teknik ini sangat cocok bagi kamu yang sering mengalami migrain atau sakit kepala akibat terlalu lama menatap layar komputer atau ponsel. Berikut caranya, temukan titik mata ketiga, juga dikenal sebagai Yin Tang yang terletak di antara alis, di mana pangkal hidung bertemu dengan dahi.

Kemudian, tekan titik akupresur ini dengan ibu jari dan jari telunjuk kanan selama 1 menit. Lepaskan perlahan. Lakukan berulang kali hingga area mata terasa lebih nyaman dan sakit kepala berkurang. Cara ini dipercaya dapat meredakan stres, mengatasi depresi, kelelahan kronis, dan perubahan suasana hati, meningkatkan kreativitas dan mempertajam intuisi.

BACA JUGA:Xiaomi 14 Meluncur dengan Charging 90W, Solusi Mendesak untuk Charger HP

Cara pijat ibu hamil
Teknik ini harus dilakukan dengan hati-hati dan sebaiknya jangan terlalu sering memijat pada tahap awal kehamilan. Hal ini karena pijatan yang salah atau berlebihan pada ibu hamil di trimester pertama berisiko menyebabkan keguguran.

Langkah pertama siapkan minyak terlebih dahulu untuk memudahkan tangan kamu lancar bergerak di kulit. Kamu bisa menggunakan baby oil atau minyak zaitun. Setelah itu, mulailah memijat tubuh. Berikut caranya:

1. Daerah perut
Pastikan posisi tubuh ibu hamil tidak terlentang saat kamu memijat perutnya, apalagi jika berlangsung lama. Kemudian, mulai lah dengan cara berikut:
Tuang minyak secukupnya ke telapak tangan, lalu gosok kedua telapak tangan untuk memberikan sensasi hangat saat menyentuh kulit.
Mulailah memijat sisi perutnya ke tengah, perlahan.
Kemudian gerakkan tangan kamu ke bawah perut bagian bawah menuju tulang kemaluan, lalu telusuri garis selangkangan hingga naik kembali ke samping perut.
Ulangi gerakan ini dengan tekanan lembut. Jangan menekan perut dengan keras.

BACA JUGA:Benarkah Saat Maghrib Jin Keluar dan Bahaya untuk Anak-anak? Berikut Penjelasan Ustadz Muhammad Faizar

2. Pijat area punggung
Pertama-tama, mintalah untuk duduk di kursi atau duduk bersila, lalu tambahkan bantal di area perut sebagai pengganjal agar bisa bersandar. Mulailah dengan area tulang belakang dari atas ke bawah di kedua sisi. Lakukan dengan menggunakan ibu jari atau pangkal tangan untuk menekan bagian punggung dengan lembut.

Bahaya salah pijat
Pijat umumnya tidak berbahaya, tetapi terlalu banyak tekanan atau salah teknik bisa berbahaya. Beberapa dampak buruknya adalah, perdarahan organ dalam, kerusakan saraf, kelumpuhan sementara, hingga reaksi alergi terhadap minyak atau krim yang digunakan.Kunjungi tempat atau klinik yang memang menyediakan terapis profesional untuk melakukan aktivitas ini.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: