Teknik Memijat Yang Tepat Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Teknik Memijat Yang Tepat Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Pijat umumnya tidak berbahaya, tetapi terlalu banyak tekanan atau salah teknik bisa berbahaya.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Cara memijat yang tepat dapat mengatasi nyeri akibat aktivitas. Entah rasa sakit itu disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan atau sebaliknya. Untuk mengatasi pegal-pegal akibat aktivitas sehari-hari, kamu bisa melakukan cara yang tepat dan beragam manfaat untuk kesehatan. Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Pijat adalah kegiatan memberi tekanan pada anggota tubuh, terutama kulit, otot, dan pembuluh darah, dengan teknik atau metode tertentu. Terapi Pijat bisa ditemukan di berbagai tempat, mulai dari salon, spa, hingga jasa terapis tradisional yang bisa dipanggil ke rumah.

BACA JUGA: Rutin Konsumsi Kolang-Kaling Bisa Cegah Osteoporosis!

Berikut adalah jenisnya secara umum, antara lain:
Pijat Swedia. Ini adalah teknik lembut yang menggunakan pukulan panjang, menguleni, gerakan melingkar dalam, getaran, dan ketukan. Ini membantu kamu merasa santai dan berenergi.

Pijat dalam. Gerakan ini lebih lambat, lebih kuat untuk menekan bagian lapisan otot, serta jaringan ikat yang lebih dalam. Umumnya, untuk membantu mengembalikan otot karena cedera.

Pijat olahraga. Biasanya teknik ini ditujukan untuk orang-orang yang terlibat dalam kegiatan olahraga untuk membantu mencegah atau mengobati cedera.

Pijat titik pemicu. Berfokus pada area serat otot ketat yang dapat menumpuk di otot kamu setelah cedera atau terlalu sering digunakan.

BACA JUGA:Sedan Keren Untuk Anak Muda, Berikut Pilihan Honda Civic Bekas

Pijat umumnya dianggap sebagai bagian dari pengobatan alternatif bagi sebagian orang. Hal ini semakin banyak ditawarkan untuk berbagai kondisi dan situasi medis pada seseorang. Manfaatnya dapat meliputi:

Kurangi stres dan tingkatkan relaksasi
Mengurangi nyeri otot dan nyeri dan ketegangan
Meningkatkan sirkulasi, energi dan kewaspadaan
Menurunkan detak jantung dan tekanan darah
Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

BACA JUGA:Orchid Forest Cikole, Taman Wisata Konservasi Anggrek Terbesar di Indonesia

Ada beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa pijat juga dapat mengatasi berbagai hal, antara lain:
Khawatir berlebihan
Gangguan pencernaan
Sakit kepala
Insomnia terkait dengan stres
Sakit punggung bawah
Sakit syaraf
Cedera jaringan lunak
Cedera olahraga
Nyeri sendi temporomandibular
Sakit punggung dan leher bagian atas

BACA JUGA:Dijual 1 jutaan, Ini Spesifikasi HP Redmi 13C, Ponsel Terjangkau dengan Kamera 50MP

Selain manfaatnya untuk kondisi atau penyakit tertentu, beberapa orang menikmatinya karena sering kali menghasilkan perasaan nyaman dan enak di badan. Tentunya jika dilakukan dengan cara yang tepat supaya optimal.

Cara memijat
Cara pemijatan yang benar lebih mudah dilakukan saat berada dalam posisi tengkurap. Gunakan matras yang nyaman untuk relaksasi maksimal. Selanjutnya, baluri seluruh area punggung dengan minyak atau losion.

Mulailah dengan arah dari bawah ke atas. Gunakan seluruh telapak tangan kamu dan berikan tekanan lembut. Kemudian, lakukan gerakan searah dari pinggang ke bahu.

Lakukan berulang-ulang hingga otot lebih rileks. Kamu juga bisa melakukan variasi dengan fokus pada titik tertentu yang terasa nyeri. Cara memijat yang benar diakhiri dengan menggosok atau menepuk punggung. Tentu hal ini bisa membuat kulit kamu lebih rileks.

BACA JUGA:Wartawan Rangkap Profesi dengan LSM, Begini Seruan Dewan Pers

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: