Bintik Wajah atau Freckles, Ini Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Bintik Wajah atau Freckles, Ini Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Bintik Wajah atau Freckles-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Apabila dokter telah melaksanakan pemeriksaan fisik dan mencurigai adanya tanda tak normal pada bintik cokelat di permukaan kulit pasien, maka pemeriksaan lanjutan seperti biopsi kulit akan diterapkan sebagai aspek pendukung dalam penegakkan diagnosis.

Cara Mengobati Freckles

Freckles adalah kondisi yang tidak membutuhkan penanganan medis serius. Namun, beberapa orang sering kali penasaran apakah freckles bisa hilang atau tidak. Secara umum, apabila penderita berniat menghilangkan corak kecokelatan pada kulitnya, ada sejumlah tindakan yang bisa dilakukan, yaitu :

1. Menggunakan Obat-obatan

Perlu diingat bahwa untuk menghilangkan freckles seutuhnya tentu dibutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, ada sejumlah obat-obatan yang bisa digunakan untuk memudarkan bercak kecokelatan akibat freckles, misalnya :

A. Retinol atau krim retinoid: Gunakan krim retinoid yang kaya akan kandungan vitamin A untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV B dan mencegah munculnya freckles baru. 

B. Krim fading (fading cream): Mengandung hydroquinone sehingga mampu menghambat produksi melanin dan mengembalikan rona cerah pada kulit.

2. Prosedur Kecantikan

Selain dengan obat-obatan di atas, penderita juga bisa menjalani sejumlah prosedur kecantikan terpercaya, seperti :

A. Krioterapi: Menggunakan nitrogen cair dalam upaya membekukan dan menghancurkan sel kulit yang abnormal. Terapi ini aman, tidak memerlukan anestesi, dan memiliki durasi penyembuhan yang cenderung singkat.

B. Terapi laser: Prosedur ini menjadi salah satu solusi paling aman untuk menghilangkan freckles di wajah, yakni dengan mengarahkan sinar laser langsung pada area freckles. 

C. Chemical peeling: Dilakukan dengan menggunakan zat kimia seperti glycolic acid dan trichloroacetic acid untuk membuat area kulit dengan freckles terkelupas sebelum membentuk jaringan kulit baru dalam proses penyembuhan.

Cara Mencegah Freckles

Sebagai langkah pencegahan, beberapa langkah upaya di bawah ini bisa diterapkan sejak dini, sebagai berikut :

- Rutin menggunakan tabir surya (sunscreen) dengan SPF minimal 30 setiap hendak beraktivitas di luar ruangan. Pengaplikasian ulang harus dilakukan setiap 2 jam sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: