Bintik Wajah atau Freckles, Ini Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Bintik Wajah atau Freckles, Ini Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Bintik Wajah atau Freckles-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ada sekelompok orang yang menganggap bahwa freckles adalah suatu kekurangan karena bisa mengganggu penampilan dan mengurangi kecantikan. Namun, ada juga yang menilai freckles sebagai suatu pesona tersendiri. 

Jadi, apa itu freckles sebenarnya? Freckles adalah sekumpulan bintik dengan warna yang beragam mulai dari kemerahan hingga kecokelatan, berukuran kecil, yang biasanya muncul di permukaan kulit yang sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, leher, dada bagian atas, tangan, atau lengan. Secara umum, freckles bisa dialami oleh siapa pun.

Salah satu penyebab utama munculnya freckles adalah meningkatnya produksi melanin di permukaan kulit sebagai respons dari paparan sinar ultraviolet

Apa itu Freckles?

Jika ditinjau dari segi medis, freckles adalah kondisi yang wajar dan tidak membahayakan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, freckles adalah serangkaian bintik yang dapat muncul di permukaan kulit yang sering terpapar sinar matahari, terutama wajah.

BACA JUGA:Pahami Ciri Skin Barrier Rusak dan Cara Mengatasinya

Meskipun kebanyakan berwarna cokelat, perlu diketahui bahwa freckles juga bisa muncul dengan warna kemerahan, kuning, hingga hitam. 

Freckles juga tergolong umum terjadi pada siapa pun, bahkan anak-anak dengan rentang usia 1–2 tahun. Namun, munculnya freckles di wajah umumnya lebih sering terjadi pada individu dengan tone kulit dan warna rambut terang.

Apa Perbedaan Freckles dan Flek Hitam?

Flek hitam dan freckles adalah dua kondisi kulit yang sering kali dianggap sama karena kemiripan warna dan tampilannya pada permukaan kulit. 

Namun, sebenarnya kedua kondisi kulit ini memiliki penyebab dan karakteristik yang berbeda. 

Freckles umumnya disebabkan oleh peningkatan produksi melanin sebagai respons terhadap sinar matahari. Sedangkan, flek hitam memiliki banyak penyebab, termasuk paparan sinar matahari berlebihan, perubahan hormon, luka, inflamasi kulit, hingga faktor penuaan.

BACA JUGA:Begini Lho Cara Mengetahui Selaput Dara Sudah Robek atau Belum

Selain itu, flek hitam juga memiliki bentuk yang berukuran lebih besar dengan batas tegas. Berbeda dengan freckles, flek hitam juga bisa muncul di area tubuh yang jarang terpapar sinar UV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: