Tampilan Dinamis Dan Sporty, Toyota Corolla Cross Dijual Mulai 460 Jutaan

Tampilan Dinamis Dan Sporty, Toyota Corolla Cross Dijual Mulai 460 Jutaan

Toyota Corolla Cross 2023--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pada tanggal 6 Agustus 2020 yang lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan sebuah SUV baru, Toyota Corolla Cross, sejatinya mobil ini sudah dirilis pertama kali di Thailand pada 9 Juli 2020.

Spesifikasi Toyota Corolla Cross di Indonesia dinilai tidak jauh berbeda dengan Corolla Cross yang dirilis di Thailand saat itu.

BACA JUGA:Toyota Venturer, Seri Tertinggi Innova Series Harga Mulai 490 Jutaan

BACA JUGA:Toyota Vios Facelift, Sedan Maskulin Harga Mulai Rp 320 Jutaan

Sebagai mobil SUV, Toyota Corolla Cross dibuat dengan menggabungkan utilitas dan kekokohan agar dapat memenuhi keinginan para konsumen yang mencari mobil SUV berkualitas.

Di sisi lain, mobil ini menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) yang diklaim dapat membuat Corolla Cross bisa dibawa berkendara dengan nyaman dan aman.

Di Thailand, Toyota Corolla Cross ditawarkan dalam 4 varian, yaitu 1.8 Sport, Hybrid Smart, Hybrid Premium, dan Hybrid Premium Safety. Sedangkan di Indonesia hanya ditawarkan dalam 2 varian, yakni 1.8 AT dan 1.8 Hybrid AT.

Mesin Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross dibenamkan spesifikasi mesin 2ZR-FE, 4 silinder, DOHC untuk varian 1.8 AT yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 138 Hp pada 6.400 Rpm dan torsi maksimal 171,6 Nm pada 4.000 Rpm.

BACA JUGA:Toyota Hilux Single Cabin, Solusi Kendaraan Angkutan Ringan Serba Bisa

BACA JUGA:Ada 10 Varian, Toyota Raize Saudara Kembar Daihatsu Rocky

Sedangkan Corolla Cross varian 1.8 Hybrid AT, mengandalkan mesin 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc, 4 silinder, DOHC dengan teknologi VVT-i yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 96 Hp pada 5.200 Rpm dan torsi maksimal 142 Nm pada 3.500 Rpm.

Selain mesin konvensional, terdapat juga motor listrik yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 71 Hp dan torsi maksimal 162,7 Nm. Versi hybrid mobil ini lebih efisien bahan bakar dan emisi karbondioksidanya lebih rendah dibandingkan versi bensin.

Konsumsi bahan bakar rata-rata mesin hybrid mobil ini hanya 23,3 km per liter dengan emisi karbondioksida 98 gram per km. Sedangkan untuk mesin bensinnya, konsumsi bahan bakar rata-ratanya adalah 15,4 km per liter dengan emisi karbondioksida 150 gram per km.

Untuk transmisi, kedua varian Corolla Cross menggunakan CVT-i 7 Speed with Sequential Shift and Shift Lock dengan tipe drive atau drivetrain penggerak roda depan (FWD).

Kedua varian Toyota Corolla Cross memiliki suspensi yang telah dikembangkan. Suspensi depan mengandalkan MacPherson Strut dan suspensi belakangnya menggunakan Torsion Beam.

Kedua suspensi tersebut diklaim dapat meningkatkan keseimbangan saat mobil dibawa berkendara di jalan yang lurus ataupun menikung. Dengan demikian, pengemudi dan penumpang mobil ini dapat menikmati perjalanan dengan nyaman.

Eksterior Toyota Corolla Cross

Seperti diketahui sebelumnya, Toyota Corolla Cross mengandalkan platform TNGA, di mana mobil ini menggunakan desain eksterior yang agresif dan menarik, serta gagah dengan adanya lekuk yang tegas pada kap mesinnya.

BACA JUGA:All New Toyota GR 86, Mobil Terbaik untuk Drifting

BACA JUGA:JMS 2023, Toyota Pamerkan Konsep Mobil Masa Depan

Di sisi lain, gril depan kedua varian mobil ini memiliki ukuran besar berbentuk double trapezoid pada kisi-kisinya dan head lamp yang didesain sipit serta diisi lampu LED. Lampu tersebut diklaim dapat memberikan pencahayaan yang terang saat mobil melalui jalanan di malam hari dengan konsumsi daya yang minim.

Selain itu, turut disematkan fog lamp untuk membantu pengemudi mobil ini saat berkendara di jalanan yang berkabut.

Di bagian samping, Corolla Cross terlihat gagah karena menggunakan pelek berukuran 18 inci pada varian hybrid. Sedangkan untuk varian bensin, mengandalkan pelek berukuran 17 inci yang didesain aerodinamis. Di sisi lain, terdapat body cladding yang menambah kesan gagah mobil ini.

Kesan gagah semua varian Corolla Cross juga terlihat pada bagian buritan mobil tersebut. Bumper belakangnya didesain dengan cladding berwarna hitam. Serta, terdapat satu buah knalpot yang disemat di bagian kanan.

Bagian menarik kedua varian mobil ini terdapat pada lekukan pintu belakang yang mirip seperti ‘pinggul’ dan tersambung hingga stop lamp atau lampu rem di bagian belakang. Lampu rem tersebut didesain ramping yang terkesan elegan.

Di sisi lain, semua varian Corolla Cross sudah dilengkapi dengan roof rail atau rel atap untuk membawa barang selain di bagasi mobil.

Interior Toyota Corolla Cross

Tidak kalah dengan eksteriornya, interior Toyota Corolla Cross memiliki desain yang mewah dan stylish. Interior kedua varian mobil ini memiliki tiga warna; merah maroon, hitam pada bagian atas dasbor mobil, dan silver.

BACA JUGA:JMS 2023, Toyota Pamerkan Konsep Mobil Masa Depan

BACA JUGA:Toyota Corolla Altis Hadir Lagi, Cek Harga Dan Fiturnya

Mengandalkan platform TNGA, dasbor di semua varian Corolla Cross terlihat tinggi, serta disematkan layar hiburan touch screen atau layar sentuh yang berukuran cukup besar di bagian tengah. Di sisi lain, interior mobil ini menggunakan material berkualitas tinggi.

Kursinya dilapisi dengan bahan kulit yang nyaman untuk diduduki dan terkesan mewah. Selain itu, kursinya bisa diatur secara fleksibel dan sesuai keinginan pengguna mobil.

Setir kemudi pada kedua varian mobil ini didesain menarik dengan 2 warna, yaitu hitam dan silver. Berbasis TNGA, setir tersebut memiliki diameter yang pas dan nyaman digenggam oleh pengemudi selama berkendara. Menariknya, setirnya dapat diatur secara tilt (atas-bawah) dan telescopic (maju-mundur) sehingga memberikan kenyamanan secara lebih pada pengemudi.

Setir kemudi bagian kiri terdapat berbagai tombol pengatur yang bisa digunakan pengemudi untuk mengatur audio mobil, memilih lagu kesukaan, serta mengatur volume audio. Selain itu, terdapat juga tombol yang memberikan kemudahan bagi pengemudi untuk melakukan voice command atau perintah suara.

Di bagian kanan setir kemudi, disematkan tombol untuk mengatur layar Multi Information Display (MID).

Untuk kapasitas orang, semua varian Toyota Corolla Cross dapat menampung hingga 6 orang, 1 pengemudi dan 5 penumpang. Sayangnya, mobil ini belum menawarkan versi 7 penumpang.

Sedangkan untuk kapasitas bagasi, mobil ini memiliki 487 liter yang dinilai cukup luas dan memadai. Pengguna mobil dapat membawa barang bawaan dengan jumlah cukup banyak. Sayangnya, lantai bagasinya agak menjorok dan tidak bisa langsung digeser yang membuat masuk-keluarin barang cukup merepotkan.

Fitur Toyota Corolla Cross

Kedua varian Toyota Corolla Cross telah disematkan berbagai fitur yang lengkap dan canggih. Untuk fitur hiburan, mobil ini memiliki touch screen atau layar sentuh sebesar 9 inci yang bisa disambungkan dengan Apple CarPlay, Bluetooth, dan USB.

Selain itu, terdapat 4 buah speaker mobil dan dua tweeter untuk memberikan suara audio yang bagus. Seperti disebutkan sebelumnya, kedua varian mobil ini juga sudah dilengkapi dengan layar MID seluas 7 inci yang dapat memberikan informasi mengenai mobil secara jelas dan lengkap.

Seperti, informasi BBM secara real time, konsumsi BBM rata-rata, jam digital, dan perpindahan energi khusus varian hybrid.

Untuk menjamin keselamatan pengemudi dan para penumpang, semua varian Corolla Cross disematkan fitur 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7 airbags atau kantung udara, Hill Start Assist (HSA) untuk menjamin keselamatan di jalanan menanjak, serta Vehicle Stability Control (VSC) agar ban tidak mengalami selip.

Tak hanya itu saja, disematkan juga sensor parkir di bagian depan dan belakang, kamera parkir di bagian belakang, serta immobilizer dan alarm.

Di sisi lain, varian tertinggi mobil ini dilengkapi dengan fitur power back door with activated kick sensor. Dengan adanya fitur tersebut, pengguna mobil dapat membuka pintu bagasi dengan tiga cara, yaitu menekan tombol di remote smart entry, atau di pintu bagasi, serta mengayunkan kaki di bawah bumper belakang. Fitur ini tentunya sangat praktis bagi pengguna mobil saat membawa banyak barang.

Harga Toyota Corolla Cross 2021

Jika melihat review atas, tidak heran jika harga Toyota Corolla Cross ini mahal untuk kedua variannya. Mobil ini memiliki desain eksterior dan interior yang mewah serta modern. Fitur-fiturnya pun lengkap dan canggih guna menunjang kenyamanan pengemudi dan penumpang mobil ini. (*)

Daftar Harga Toyota Corolla-Cross :

Edisi Corolla Cross 1.8 AT

Harga Rp463.51 Juta

CVT-i 7 Speed with Sequential Shift and Shift Lock

5 seats

1,798 CC

Bensin

 

Edisi Corolla Cross 1.8 Hybrid AT

Harga Rp540.9 Juta

CVT-i 7 Speed with Sequential Shift and Shift Lock

5 seats

1,798 CC

Bensin

 

Edisi Corolla Cross 1.8 Hybrid GR Sport

Harga Rp608.4 Juta

CVT-i 7 Speed with Sequential Shift and Shift Lock

5 seats

1,798 CC

Bensin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: