All New Toyota GR 86, Mobil Terbaik untuk Drifting

All New Toyota GR 86, Mobil Terbaik untuk Drifting

All New Toyota GR 86, Mobil Drifting Mania Penerus AE86-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Generasi Toyota AE86 (Sprinter Trueno dan Corolla Levin) adalah pendahulu dari Toyota 86. 

Menjadi generasi kelima Corolla pada 1983-1987, AE86 memiliki dua gaya bodi yakni coupe dan hatchback dengan dua pilihan lampu utama yakni jenis standar dan pop-up yang ikonik. 

Karakter mobil ini dengan penggerak roda belakang dan sasis ringan demi handling yang optimal, membuat mobil identik dengan aksi drifting. Konon AE86 adalah mobil terbaik untuk drifting. 

Toyota FT 86 adalah mobil sempurna bagi mereka yang menginginkan sebuah kupe tangguh baik untuk penggunaan di jalan raya maupun di atas trek. Dengan banderol harga yang lebih rendah dibanding mobil sekelasnya dan performa menawan, tak heran Toyota Ft 86 begitu populer di seluruh dunia.

BACA JUGA:14 Tipe Toyota Kijang Innova Zenix, Harga Dimulai 400 Jutaan Rupiah

Karakter inilah yang kemudian membawa mobil menjadi bintang utama sebagai mobil 'tukang tahu jago drifting' di serial manga/anime legendaris Jepang, Initial D. Setelah Initial D mendunia, kepopuleran AE86 terus menggila hingga saat ini. 

Karakter asli AE86 tetap dipertahankan Toyota pada versi anyar Toyota FT86. Dikembangkan bersama Subaru, mobil ini selalu menjadi favorit para tuner untuk dimodifikasi, umumnya bergaya 'stance' atau menjadi mobil khusus ajang drifting. Salah satu rumah modifikasi ternama, Rocket Bunny, bahkan memiliki wide body kit khusus untuk Toyota FT86.

Toyota FT86 memiliki desain yang ciamik, handling yang menawan, bobot yang ringan. Ini membuat pesona mobil khas drifting membuat Toyota 86 nyaris sempurna. 

Toyota menghadirkan FT86 dengan beberapa ciri penting, yakni desain ciamik dengan penggerak roda belakang, performa tangguh dengan desain yang menawan dan konsumsi bahan bakar yang optimal. Karakteristik keseluruhan Toyota FT86 tidak akan bisa dipisahkan dari kultur drifting.

Toyota 86 adalah mobil esensial yang harus selalu ada di lini produk Toyota. Ini adalah suksesor dari salah satu mobil paling berpengaruh di dunia, baik di industri secara keseluruhan, di kalangan enthusiast bahkan di dunia balap khususnya drifting. 

BACA JUGA:Daihatsu Luxio, Si Baby Alphard Pintu Geser Namun Harganya Jauh Lebih Murah

Di Indonesia, mobil ini bisa dibilang tidak memiliki rival setara selain saudara kembarnya yakni Subaru BRZ. Memang ada Mazda MX-5 Miata, namun karakternya secara teknis berbeda karena Miata adalah sebuah roadster, meski keduanya sama-sama menganut sistem penggerak roda belakang

Segmentasi Pasar Toyota FT 86

Sebagai mobil sport kupe berpenggerak roda belakang dengan handling yang menawan, Toyota FT 86 berada di kelas mobil sport untuk mereka yang berusia dan berjiwa muda yang bukan hanya menggilai kecepatan, tetapi juga modifikasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: