Begini Prosedur Operasi Tahi Lalat Normal dan Prosedur Yang Aman

Begini Prosedur Operasi Tahi Lalat Normal dan Prosedur Yang Aman

Dokter akan melakukan operasi dengan mengangkat seluruh seluruh tahi lalat dan area di sekitarnya untuk menyingkirkan sel-sel berbahaya.--

Risiko Menghilangkan Tahi Lalat Sendiri di Rumah
Untuk menghindari pemeriksaan di dokter yang membutuhkan biaya lebih besar, Anda mungkin tergoda untuk menghilangkan tahi lalat sendiri di rumah. Misalnya, dengan olesan bawang putih, kulit pisang, minyak esensial, dan sebagainya. Namun, tidak ada bukti bahwa cara ini berhasil dan mungkin justru akan berbahaya.

Selain itu, hindari penggunaan krim penghilang tahi lalat. Beberapa penelitian dalam jurnal Pediatric Dermatology telah melaporkan efek samping dari krim penghilang tahi lalat yang tersedia di toko obat dan toko online. Krim ini dapat menyebabkan bekas luka yang tebal yang terbentuk di area tahi lalat.

BACA JUGA:Cara Top Up Saldo LinkAja di Kantor Pos dan Lewat Aplikasi Pospay

Menghilangkan tahi lalat dengan cara memotongnya dengan benda tajam seperti gunting atau silet juga sebaiknya jangan dilakukan. Hal ini akan meningkatkan risiko infeksi, terutama jika alat yang digunakan tidak steril. Cara ini juga dapat membuat bekas luka permanen di bekas tahi lalat.

Risiko lain menghilangkan tahi lalat sendiri adalah Anda tidak dapat mengetahui apakah tahi lalat tersebut bersifat kanker atau tidak. Tahi lalat Anda bisa jadi adalah melanoma. Jika tidak diperiksa oleh dokter, melanoma bisa menyebar ke seluruh tubuh Anda dan mengancam nyawa.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: