Wajib Tahu, Berikut Makanan dan Minuman Pantangan Asam Lambung

Wajib Tahu, Berikut Makanan dan Minuman Pantangan Asam Lambung

Jika anda adalah penderita asam lambung atau maag, dalam mengonsumsi makanan dan minuman haruslah berhati-hati. Sebab ada yang menjadi pantangan dari penyakit ini.-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait dengan hal ini. Akan tetapi, ada baiknya bagi penderita asam lambung untuk membatasi konsumsi makanan asin agar tidak memicu kambuhnya masalah pencernaan tersebut.

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Gambir untuk Kesehatan Lambung

8. Tomat dan Kubis

Tomat dan kubis termasuk dalam sayuran pemicu asam lambung yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Tomat mengandung asam yang cukup tinggi, yang mana bila dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu kenaikan asam lambung.

Kubis termasuk sebagai sayuran pantangan asam lambung karena mengandung fruktosa tinggi gula, sehingga memicu lambung menghasilkan lebih banyak gas dan mengakibatkan kambuhnya gejala maag.

9. Makanan Tinggi Lemak

Pantangan asam lambung berikutnya adalah makanan tinggi lemak. Lemak dapat merangsang kolesistokinin atau hormon yang menjadi pemicu melemahnya esofagus bagian bawah. Akibatnya, asam lambung lebih mudah naik dan menyebabkan sensasi panas pada ulu hati.

Di samping itu, makanan tinggi lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Alhasil, pengosongan organ lambung menjadi lambat dan menyebabkan produksi asam lambung semakin meningkat.

Itulah beberapa daftar pantangan asam lambung yang sebaiknya dihindari oleh penderita maag. Kondisi ini bisa kambuh kapan saja dan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan dengan membatasi makanan dan minuman pantangan di atas. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: