Ini Dia Manfaat Gambir untuk Kesehatan Lambung

Ini Dia Manfaat Gambir untuk Kesehatan Lambung

Sejak dulu kala manfaat gambir juga telah digunakan sebagai bahan untuk memudahkan proses penyamakan kulit.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ini bukan stasiun Gambir , tapi ini adalah manfaat Gambir untuk kesehatan khususnya lambung.yang orang umumnya banyak yang menderita penyakit lambung, karena dampak makanan sehari-hari. Berikut adalah manfaat Gambir bagi kesehatan,

Masyarakat indonesia adalah pecinta obat herbal atau tradisional yang masyarakat umum menyebut jamu. Gambir salah satunya yang masyarakat indonesia tidak asing dengan Gambir ini. Karena khasiatnya yang sangat banyak dan juga mudah di dapat di pasar- pasar tradisional. Ini 9 manfaat gambir untuk kesehatan atau obat tradisional.

BACA JUGA:Agar Rezeki Tak Seret, Ustadz Abdul Somad Berpesan Jangan Lupa Sedekah Kepada 2 Orang ini

Gambir dengan nama ilmiah Uncaria gambir adalah, sebuah tanaman asli dari Indonesia milik keluarga Rubiaceae dan catechin adalah senyawa utama dalam gambir.

Di Sumatera Barat, Pesisir Selatan dan Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan daerah utama penghasil gambir. Secara tradisional gambir digunakan sebagai obat untuk penyakit seperti diare, sakit perut dan sakit tenggorokan serta sebagai pengawet makanan. Berikut adalah manfaat Gambir untuk obat herbal atau tradisional.

BACA JUGA:Otomatis Cair Rp3.000.000 ke Dompet Digital, Coba 7 Trik Pinjam Uang di Aplikasi DANA Tanpa KTP 

1.Obat diare

Manfaat Gambir yang pertama yaitu sebagai obat untuk diare. Pada zaman dahulu bagian tanaman gambir digunakan sebagai obat diare yaitu pada daun dan rantingnya.  Daun dan rantingnya dikeringkan, kemudian dihaluskan dan digunakan sebagai teh untuk diminum. 

Melalui sebuah penelitian terbukti bahwa daun dan ranting mengandung beberapa bahan bakteri yang dapat menyerang bakteri jahat penyebab diare di usus besar.

BACA JUGA:Rezeki Bakal Mengalir Deras, Habib Rifky Alaydrus Sarankan Baca Sholawat Pembuka Rezeki ini

2. Untuk Memperkuat Gigi

Manfaat Gambir selanjutnya yaitu untuk memperkuat Gigi. Mengunyah Gambir merupakan kegiatan mengunyah batang dan daun gambir yang dipercaya dapat memperkuat gigi. Kandungan gambir akan meninggalkan warna kemerahan pada gigi akan tetapi terbukti gigi tidak mudah rapuh, tidak berlubang dan lebih sehat.  Namun hingga saat ini belum diketahui efek sebenarnya. Kebiasaan ini sudah ditinggalkan anak kecil karena bekas warna merah pada gigi sulit dihilangkan.

BACA JUGA:Benarkah Hidung Mancung Sering Terkena Sinus?

3. Sumber antioksidan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: