Inilah Makanan Mengandung Kolagen Tinggi, Bagus untuk Kulit

Inilah Makanan Mengandung Kolagen  Tinggi, Bagus untuk Kulit

Inilah makanan mengandung kolagen tinggi, bagus untuk kulit-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kolagen adalah salah satu protein tak larut yang berfungsi untuk menyusun jaringan tubuh, seperti tulang, tulang rawan, dan kulit. 

Protein ini diproduksi secara alami di dalam tubuh, namun jumlahnya dapat menurun seiring dengan pertambahan usia. 

Untuk menjaga jumlah kolagen di dalam tubuh, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen secukupnya.

Beragam Jenis Makanan yang Mengandung Kolagen

Manfaat kolagen untuk kecantikan memang tak perlu diragukan lagi. Protein berserat ini diketahui mampu melancarkan sirkulasi darah menuju kulit sehingga dapat meningkatkan elastisitas kulit. Karena itu, Anda dapat menjaga kesehatan kulit dengan memperhatikan jumlah kolagen di dalam tubuh.

Pada dasarnya, kolagen dapat diproduksi secara alami oleh tubuh. Namun, produksi kolagen ini dapat menurun seiring bertambahnya usia. Pada kondisi tersebut, Anda dapat meningkatkan kadar kolagen di dalam tubuh dengan mengonsumsi berbagai macam jenis makanan di bawah ini:

BACA JUGA:Tak Perlu Skincare Mahal, Begini Cara Cerahkan Kulit Alami, Mudah dan Efektif

1. Daging Ayam

Salah satu rekomendasi makanan yang mengandung kolagen adalah daging ayam, terutama bagian paha dan leher. Daging ayam diketahui mengandung berbagai jenis asam amino yang berperan sebagai zat pembentuk kolagen.

Selain itu, daging ayam juga mengandung vitamin dan mineral yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan otak dan sistem saraf.

2. Putih Telur

Jenis makanan yang mengandung kolagen alami berikutnya adalah putih telur. Meski kandungan kolagennya tidak begitu tinggi, putih telur diperkaya oleh prolin yang berfungsi membentuk kolagen di dalam kulit. Selain itu, putih telur diketahui mengandung 6,2 gram protein yang setara dengan 10% kebutuhan protein harian orang dewasa.

3. Kaldu Tulang

Kaldu tulang telah dikenal sebagai jenis makanan yang mengandung kolagen tinggi. Bahkan, kaldu tulang juga dilengkapi oleh magnesium, fosfor, kalsium, glukosamin, serta kondroitin yang baik untuk kesehatan tulang maupun kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: