Inilah Makanan Mengandung Kolagen Tinggi, Bagus untuk Kulit

Inilah Makanan Mengandung Kolagen  Tinggi, Bagus untuk Kulit

Inilah makanan mengandung kolagen tinggi, bagus untuk kulit-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Untuk mengonsumsinya, Anda dapat merebus tulang ayam atau sapi selama 12–48 jam. Agar terasa semakin nikmat, Anda juga bisa menambahkan bumbu rempah-rempah, batang seledri, dan potongan daging ayam ke dalam kaldu tulang tersebut.

BACA JUGA:Wajib Dicoba, Begini Perawatan Wajah Secara Alami Sebelum Tidur

4. Ikan

Ikan merupakan jenis makanan yang menjadi sumber kolagen berkualitas tinggi. Pasalnya, kolagen yang terkandung di dalam ikan cenderung lebih mudah dicerna dibandingkan jenis kolagen dari makanan lain. Untuk memperoleh kandungan kolagen berkualitas dari ikan, Anda dapat mengonsumsi bagian kepala dan kulitnya.

Rekomendasi Makanan yang Membantu Meningkatkan Kadar Kolagen Dalam Tubuh

Selain memperhatikan asupan makanan yang mengandung kolagen, Anda juga dapat menjaga kadar kolagen dalam tubuh dengan mengonsumsi beragam jenis makanan berikut ini :

1. Kacang-kacangan

Kandungan zinc dalam kacang-kacangan diketahui dapat membantu mengoptimalkan produksi kolagen di dalam tubuh. Selain itu, kacang-kacangan juga diperkaya oleh vitamin E yang bersifat antioksidan sehingga mampu menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap.

Adapun jenis kacang-kacangan yang direkomendasikan adalah kacang almond, kacang tanah, kacang hazelnut, dan kacang kenari. Namun, penting untuk membatasi konsumsi kacang-kacangan tersebut agar secukupnya saja. Pasalnya, jenis makanan ini mengandung lemak dan kalori yang tinggi sehingga berisiko meningkatkan berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan.

BACA JUGA:Atasi Kulit Kusam Agar Tetap Terlihat Sehat, Coba Lakukan Cara Ini

2. Buah Sitrus

Kandungan vitamin C di dalam buah sitrus dapat mengoptimalkan pembentukan prokolagen yang diperlukan sebagai bahan baku produksi kolagen alami di dalam tubuh. Senyawa tersebut akan menyusun berbagai asam amino untuk membentuk protein kolagen.

Karena itu, selain mengonsumsi makanan berprotein tinggi, Anda juga perlu memperhatikan asupan vitamin C harian guna membantu proses pembentukan kolagen alami di dalam tubuh. Adapun beberapa jenis buah sitrus yang baik dikonsumsi di antaranya adalah jeruk, lemon, dan grapefruit.

3. Tomat

Selain buah sitrus, tomat juga termasuk makanan yang mengandung kadar vitamin C tinggi sehingga mampu membantu proses produksi kolagen alami di dalam tubuh. Bahkan, tomat memiliki kandungan likopen yang berperan sebagai antioksidan yang mampu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: