Serius Geluti Dunia Aviasi, Subaru Kenalkan Konsep Pesawat

Serius Geluti Dunia Aviasi, Subaru Kenalkan Konsep Pesawat

perusahaan aviasi (Subaru) kenalkan konsep pesawat-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Air Mobility Concept, pesawat yang dipamerkan Subaru Corporation pada ajang Japan Mobility Show (JMS) 2023.

Hadirnya pesawat konsep ini sejatinya untuk menunjukkan visi Subaru akan mobilitas masa depan. Selain itu, kendaraan konsep ini juga jadi ajang mereka untuk menguatkan studi di bidang teknologi keselamatan.

"Dalam dunia aviasi, di mana elektrifikasi dan otomatisasi teknologi semakin maju, terdapat peningkatan ekspektasi akan mobilitas udara yang baru yang akan membawa 'revolusi mobilitas udara'. SUBARU AIR MOBILITY Concept merupakan wujud dari masa depan sebuah 'mobilitas yang lebih bebas' yang Subaru impikan," ujar Yusuke Ueda selaku Advertising Section Marketing Planning Department Japan Sales & Markeing Division Subaru Corporation.

Subaru Corporation ternyata bukan 'anak kemarin sore' di dunia aviasi. Pabrikan berlogo enam bintang ini ternyata sudah dipercaya sejak lama oleh pemerintah Jepang untuk mengembangkan hingga memproduksi beberapa komponen di dunia aviasi.

BACA JUGA:Melantai di JMS 2023, Suzuki Swift Konsep Jadi Bintang Utama

"Mengenai program helikopter, perusahaan aviasi (Subaru) berhasil menyelesaikan pengembangan bersama dengan Bell Textron Inc., Amerika Serikat, atas helikopter komersial 'SUBARU BELL 412EPX' yang juga digunakan sebagai platform Helikopter Utilitas Baru (The New UH) untuk Kementerian Pertahanan Jepang (JMOD). Prototipenya dikirim ke JMOD pada Februari 2019," tulis Subaru dalam laman resminya.

"Dimulai dari pelanggan pertama Badan Kepolisian Nasional Jepang melakukan pemesanan SUBARU BELL 412EPX pada Maret 2019, kontrak pengadaan The New UH dibuat antara JMOD dan SUBARU, yang memberikan lampu hijau untuk produksi serialnya," lanjut mereka.

Kehadiran pesawat konsep Subaru di JMS 2023 pantas disebut sebagai tanda keseriusan mereka di dunia aviasi. Bahkan Subaru juga sudah bekerjasama dengan beberapa instansi lain di dunia aviasi untuk mengembangkan komponen.

BACA JUGA:Mitsubishi Pamer Mobil Masa Depan di JMS, MPV Disuntik Teknologi Elektrifikasi

"Dalam bisnis pesawat komersial, perusahaan aviasi (Subaru) telah berpartisipasi dalam berbagai pengembangan bersama secara internasional, seperti (Boeing model) 767, 777, 787 dan 777X," tulis Subaru.

Pada 777X, SUBARU bertanggung jawab atas Center Wing dan integrasinya dengan main landing gear (MLG) serta pintu MLG dan Fairing Wing-to-Body (depan).

Keseriusan Subaru di bidang aviasi juga berdampak baik kepada pengembangan mobil penumpang mereka. Dalam hal ini, pemanfaatan dan pengembangan tersebut hadir di teknologi anti tabrak (anti collision).

"Kami dapat memanfaatkan pengetahuan di bidang teknologi di mana sektor otomotif berada di depan seperti elektrifikasi dan keselamatan tabrakan," ujar Ueda.

"Collision analysis technology sangat dimanfaatkan untuk menjamin kabin dan peranti mendarat," lanjut Ueda menjelaskan tentang AIR MOBILITY Concept.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: