Berapa Jam Tidur yang Baik dan Ideal untuk Kesehatan dan Kecantikan?

Berapa Jam Tidur yang Baik dan Ideal untuk Kesehatan dan Kecantikan?

Agar tidur lebih nyenyak di malam hari, hindari mengonsumsi makanan berat, cokelat, kafein, dan alkohol--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Beberapa orang memiliki kebiasaan tidur pada jam 8 atau 9 malam. Namun tidak sedikit yang hanya bisa tidur pada jam 11 atau 12 malam. Jadi, jam berapa sebenarnya waktu yang baik untuk tidur? Pada dasarnya tidak ada aturan pasti tentang jam berapa seseorang harus pergi tidur. Yang penting jam tidurnya tidak boleh kurang dari 8 jam agar tubuh tetap sehat dan terbebas dari rasa kantuk. Karena tidur bukanlah hobi atau pilihan melainkan kebutuhan, maka kamu tidak boleh tidur kurang dari waktu ideal ini.

BACA JUGA:Kisah Magis Kaisar Marmer, Penguasa Terakhir Kekaisaran Bizantium

Beberapa orang yang kamu kenal mungkin bisa menjadi melek huruf setelah tidur kurang dari 6 jam. Namun menurut penelitian dari University of California, San Francisco, gen tersebut sangat langka. Jumlah orang yang memiliki gen ini bahkan dikatakan tidak lebih dari 3% dari populasi dunia. 97% lainnya akan merasakan lebih sedikit energi keesokan harinya setiap kali mereka tidur kurang dari 6 jam. Lantas, berapa jam tidur yang baik untuk kesehatan? Yuk simak selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA:Themis, Dewi Hukum dan Keadilan dalam Mitologi Yunani

Berapa jam tidur yang baik?
Jumlah tidur yang kamu butuhkan akan tergantung pada berbagai faktor, termasuk usia, genetika, dan masalah kesehatan apa pun yang mungkin kamu alami. Setiap orang memiliki kebutuhan dan preferensi unik mereka sendiri yang membuat mereka berbeda satu sama lain.

Faktor genetik membuat seseorang seolah tidak pernah cukup tidur, sementara yang lain hanya butuh tidur cepat dan bisa bangun dengan segar. Para ahli telah merekomendasikan rata-rata waktu tidur ideal bagi kebanyakan orang berdasarkan kelompok usia, berikut rinciannya:

Bayi baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam/hari.
Bayi (4-11 bulan): 12-15 jam/hari.
Balita (1-2 tahun): 11-14 jam/hari.
Anak-anak PAUD ( 3-5 tahun): 10-13 jam/hari.
Anak-anak usia sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam/hari.
Remaja (14-17 tahun): 8-10 jam/hari.
Dewasa (18 – 64 tahun): 7-9 jam/hari.
Orang dewasa yang lebih tua (65 tahun ke atas): 7-8 jam/hari.

BACA JUGA:Sifatnya Sama Seperti Jokowi Menurut Ramalan Jayabaya, Ahli Kejawen Ungkap Sosok Presiden RI 2024

Waktu tidur yang ideal tentunya harus diimbangi dengan tidur yang nyenyak tanpa gangguan agar terwujud kualitas tidur yang baik. Akan sangat disayangkan jika seseorang bisa tertidur dengan waktu yang ideal namun sering terbangun di sela-sela tidurnya karena beberapa alasan.

Oleh karena itu, penting untuk tidak hanya fokus pada durasi tidur tetapi juga memperhatikan seberapa baik atau nyenyak tubuh saat tidur. Segera konsultasikan ke dokter jika mengalami gangguan kesehatan yang mengganggu waktu tidur atau sering membuat tubuh sering terbangun di malam hari.

BACA JUGA:Perempuan Lebih Rentan Jadi Korban Kejahatan Digital

Jam tidur yang baik untuk kecantikan
Menurut penelitian, tidur yang cukup di malam hari dapat membuat kulit terlihat lebih muda dan sehat. Tak hanya itu, tubuh juga akan bugar dan segar, sehingga aura kecantikan kamu bisa terpancar dengan sempurna. Untuk orang dewasa sendiri, tidur yang dianjurkan yakni 7-8 jam.

Agar tidur lebih nyenyak di malam hari, hindari mengonsumsi makanan berat, cokelat, kafein, dan alkohol, karena makanan dan minuman tersebut justru bisa membuat kamu sulit tidur. Kamu juga disarankan untuk tidur terlentang, karena tidur miring dapat memperburuk garis-garis halus dan memicu kerutan.

BACA JUGA:Soal Perawatan Wajah, Bolehkah Retinol Dipakai Bersama Vitamin C?

Jam tidur yang baik saat haid
Memang, menstruasi seringkali membuat wanita tidak bisa tidur nyenyak karena berbagai keluhan seperti kram perut, mual, mulas, sakit kepala, dan lain-lain. Padahal, tidur siang saat menstruasi sebenarnya baik untuk menjaga kebugaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: