Themis, Dewi Hukum dan Keadilan dalam Mitologi Yunani

Themis, Dewi Hukum dan Keadilan dalam Mitologi Yunani

Dewi Themis dalam seni Yunani, dia sering ditemukan memegang pedang keadilan dan rantai di tangan kanannya, dan timbangan di tangan kirinya yang melambangkan bagaimana dia menghakimi. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Themis adalah dewi hukum, personifikasi dari keadilan dan kehendak dalam mitologi Yunani yang sangat dihormati para dewa. Themis sering duduk di dekat takhta Zeus dan memberinya nasihat bijak. Themis menggantikan Oracle di Delphi sebelum meneruskan kekuatan dewanya kepada Apollo. Julukan umum Themis termasuk Gaia Themis ('Bumi' dan 'Kanan').Themis adalah putri Uranus (Surga) dan Gaia (Bumi) dan istri kedua Zeus. Dia sering digambarkan dengan pedang keadilan dan timbangan, melambangkan hukum dan keadilan yang dia berikan.

BACA JUGA:Mau Punya lingkar pinggang ideal? Ikuti Tips Berikut Ini!

Kelahiran & KeluargaDalam Teogoni karya Hesiod (700 SM), Themis adalah putri Gaia (Bumi) dan Uranus (Surga). Dia adalah saudara perempuan Oceanus, Rhea, dan Cronus. Themis menjadi istri kedua Zeus, meskipun beberapa sumber mengatakan dia adalah istri pertamanya. Anak-anaknya dengan Zeus mewakili tatanan dunia yang kemudian. Mereka termasuk Horae (Musim), Eirene (Perdamaian), Tanggul (Keadilan) dan tiga Takdir atau Moirai (Clotho, Lachesis, dan Atropos). Dalam beberapa sumber, seperti tragedi Aeschylus (525 hingga 456 SM) Prometheus Bound, Themis tercatat sebagai ibu Prometheus, meskipun ia lebih dikenal sebagai putra Iapetus dan Clymene atau Asia.

BACA JUGA:Ternyata Perilaku Konsumtif Adalah Bahaya Bagi Kesehatan Mental

Sosok Themis dalam mitologi Yunani
Seniman kuno menggambarkan Themis sebagai wanita dewasa dengan mata besar dan pakaian tergerai diikatkan di bahu. Dalam seni Yunani, dia sering ditemukan memegang pedang keadilan dan rantai di tangan kanannya, dan timbangan di tangan kirinya yang melambangkan bagaimana dia menghakimi. Matanya terkadang ditutup untuk menunjukkan ketidakberpihakannya kepada setiap individu yang dinilai.

Dewi Hukum, Kehendak, & Keadilan Dewa
Sebagai Dewi Hukum, kehendak, dan keadilan dewa, Themis mengawasi semua hukum yang mengatur manusia dan makhluk abadi. Sering kali pada pertemuan yang diadakan oleh raja, ia mendengarkan petisi dan membuat keputusan. Undang-undang ini sering kali kebal terhadap pengaruh luar atau pengaruh manusia.

BACA JUGA:Wow, Ternyata Daun Binahong Sangat Bermanfaat Untuk Kecantikan Wajahmu

Sifat Themis yang dapat dipercaya dan adil membuat para Olympian, termasuk Zeus, mempercayai penilaiannya. Menurut syair Homer, dia sering duduk di samping singgasananya dan memberinya penilaian dan nasihat, sebagai balasannya mendengarkan kebijaksanaannya.

Themis juga memimpin pesta para dewa Olympian dan terkadang dipandang sebagai dewi ritus keramahtamahan. Selama Titanomachy, Themis turun ke bumi selama zaman keemasan dan mengajari manusia praktik moderat dan perilaku baik. Namun, umat manusia segera melupakan pelajarannya dan mulai bertindak berdosa dan tercela. Maka Themis kembali ke Gunung Olympus.

BACA JUGA:Apakah Skincare Niacinamide Aman Dipakai Ibu Hamil? Ini Jawabannya

Ramalan Dewi Themis
Sebagai dewi agung, Themis memiliki kekuatan dewa, yang ia gunakan untuk membantu manusia dan makhluk abadi. Ramalannya yang paling terkenal adalah yang berkaitan dengan putra Nereid Thetis. Zeus bermaksud menikahi Thetis, sampai Themis memberitahunya bahwa putra Thetis mana pun akan jauh lebih hebat daripada ayahnya.

Tidak mengherankan, Zeus tidak ingin siapa pun menantang kekuasaannya, apalagi putranya sendiri. Jadi dia berhenti mengejar Thetis dan malah mengatur agar dia menikah dengan Raja Peleus dari Phthia yang fana. Themis benar, dari pernikahan ini lahirlah pahlawan besar Yunani yang bernama Achilles, yang prestasi legendarisnya masih dibicarakan hingga hari ini. Dalam tragedi Yunani Prometheus Bound, Themis membuat beberapa ramalan yang disampaikan oleh Prometheus, putranya.

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Website Penghasil Saldo OVO Gratis Yang Layak Kamu Coba

Yang pertama berkaitan dengan jatuhnya para Titan. Selama Titanomachy, Prometheus memberi tahu para Titan bahwa mereka tidak dapat menggulingkan anak-anak Cronus hanya dengan kekuatan dan kekerasan. Menurut Themis, orang yang bijak dan menggunakan tipu muslihatnyalah yang akan memerintah. Para Titan tidak mengindahkan nasihat ini.

Themis serta Prometheus kemudian bergabung di sisi Zeus dan anak-anak Cronus lainnya, yang mengalahkan para Titan. Themis juga meramalkan bahwa Prometheus akan diselamatkan dari hukuman berulang oleh seorang pemanah terkenal (Heracles).

Kebaikan Themis dalam mitologi Yunani
Dalam Metamorphoses karya Ovid (43 SM hingga 17 M), Zeus mengirimkan banjir besar ke bumi. Satu-satunya yang selamat adalah Deucalion, raja Thessaly dan istrinya Pyrrha bersama putra Prometheus (menurut beberapa tradisi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: