Kisah Magis Kaisar Marmer, Penguasa Terakhir Kekaisaran Bizantium

Kisah Magis Kaisar Marmer, Penguasa Terakhir Kekaisaran Bizantium

menurut legenda magis kaisar marmer, suatu saat Kaisar Marmer akan hidup kembali dan merebut kembali Kota Konstantinopel--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Legenda magis kaisar marmer muncul setelah kejatuhan Kota Konstantinopel. Legenda tersebut terkait dengan mayat kaisar terakhir Kekaisaran Bizantium yang tidak pernah ditemukan. Ia diyakini akan bangkit suatu hari nanti

Seperti diketahui, pada tanggal 29 Mei 1453, tentara Kesultanan Utsmaniyah, yang dipimpin oleh Sultan Muhammad al Fatih merebut Konstantinopel. Peristiwa itu menjadi akhir dari salah satu kerajaan yang bertahan paling lama dalam sejarah. Jatuhnya kota besar itu juga mengakhiri hidup kaisar terakhir Bizantium, Constantine Palaiologos.

BACA JUGA:Realme 10 Pro+ 5G: Menghadirkan Kinerja dan Kecepatan Terdepan, Ini Spesifikasi dan Harganya

Legenda yang muncul sekitar Kejatuhan Konstantinopel adalah bagian besar dari tradisi Kristen Ortodoks dan Hellenik. Ada orang-orang Yunani yang percaya bahwa suatu hari nanti, Kota Konstantinopel akan menjadi milik Yunani sekali lagi. Bahkan setelah pembebasan kota oleh Kesultanan Utsmaniyah, dan bahkan hingga hari ini.

Legenda Kaisar Marmer
Setelah pembebasan Kota Konstantinopel oleh Sultan Muhammad Al Fatih, munculah legenda Kaisar Marmer Constantine Palaiologos. Constantine Palaiologos adalah kaisar terakhir Kekaisaran Bizantium yang mayatnya tida pernah ditemukan setelah jatuhnya kota tersebut. Makamnya tidak pernah ditemukan bahkan hingga hari ini.

Legenda kaisar marmer menyebutkan bahwa Constantine XI Paleologos tidak mati di tangan Kesultanan Utsmaniyah, melainkan ia berubah menjadi batu. Ia disebutkan tidak sanggup melihat tahta tercinta kekaisaran Bizantium jatuh ke tangan musuhnya.

BACA JUGA:Realme Narzo 50A: Kombinasi Kuat Antara Kinerja dan Daya Tahan

Jadi, menurut legenda magis kaisar marmer, suatu saat Kaisar Marmer akan hidup kembali dan merebut kembali Kota Konstantinopel.Mungkin legenda magis Kaisar Marmer adalah kisah yang disebarkan di kalangan orang-orang yang kalah. Tujuannya adalah demi menjaga harapan mereka tetap hidup agar pasukan Kesultanan Utsmaniyah tidak berlama-lama di kota Konstantinopel.

Kehidupan Constantine XI Palaiologos
Constantine XI Palaiologos lahir pada tanggal 8 Februari 1405. Ia adalah anak kedelapan dari sepuluh bersaudara Kaisar Manuel II Palaiologos dan istrinya Elena Dragases, putri penguasa Serbia Constantine Dejanovic.

Sedikit yang diketahui tentang kehidupan Constantine sebelum ia naik takhta Bizantium. Dia adalah seorang jenderal yang terampil dan dia serta saudara-saudaranya memimpin Despotate of Mystras, di Moreas, yang sekarang disebut Peloponnese.

BACA JUGA:Ada Diskon, Motor Listrik Charged Mulai Bisa Dibeli di IMOS+ 2023

Pada tahun 1427–1428, Constantine dan saudaranya Ioannis menangkis serangan terhadap Moreas oleh Carlo II Tocco, penguasa Epirus. Kemudian pada tahun 1428 Constantine diproklamasikan sebagai Despot of the Moreas, untuk memerintah provinsi tersebut bersama kakak laki-lakinya Theodore dan adiknya Thomas.
Bersama-sama, Palaiologos bersaudara memperluas kekuasaan Bizantium hingga mencakup hampir seluruh semenanjung Peloponnesia untuk pertama kalinya sejak Perang Salib Keempat, lebih dari dua ratus tahun sebelumnya.

Mereka membangun kembali tembok Hexamilion kuno, yang melindungi semenanjung dari serangan luar. Pada tahun 1444-1446, Constantine secara pribadi memimpin pertempuran di Yunani Tengah dan Thessaly dalam upaya memperluas kekuasaan Bizantium lebih jauh ke Yunani.

BACA JUGA:IMOS+ 2023, AISI Tidak Pasang Target Penjualan Motor Listrik

Kekaisaran Bizantium sedang mengalami kemunduran ketika Constantine diproklamasikan sebagai kaisar pada tanggal 6 Januari 1449, setelah kematian saudaranya Ioannis.Itu adalah masa ketika Kesultanan Utsmaniyah sedang bangkit, dan mengambil alih wilayah yang pernah berada di bawah kekuasaan Bizantium.
Constantine melakukan upaya untuk menyatukan Gereja Ortodoks dengan Gereja Katolik dengan harapan umat Katolik akan memberikan bantuan militer untuk menghentikan pergerakan Kesutalanan Utsmaniyah. Namun siasat ini sayangnya tidak membuahkan hasil.

Empat tahun setelah mengambil alih kekuasaan di Bizantium, Constantine Palaiologos dipanggil untuk melawan pengepungan ketiga Kota Konstantinopel oleh Kesultanan Utsmaniyah — pengepungan yang dimulai pada tanggal 15 April 1453 dan berakhir dengan Jatuhnya kota tersebut pada tanggal 29 Mei di tahun yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: