Hal Sepele Ini Sering Diabaikan, Padahal Dosanya Lebih dari Syirik, Gus Baha: Pelakunya Kekal di Neraka

Hal Sepele Ini Sering Diabaikan, Padahal Dosanya Lebih dari Syirik, Gus Baha: Pelakunya Kekal di Neraka

gus baha--

Gus Baha melanjutkan dengan menjelaskan bahwa misalnya ada seseorang yang meminum minuman keras (arak) sementara dia menyadari bahwa itu adalah barang yang dilarang dalam Islam, maka dia tidak dianggap sebagai kafir.

Hal yang sama berlaku untuk syirik; jika seorang muslim melakukan perbuatan syirik sambil menyadari bahwa itu adalah dosa besar, maka dia juga tidak bisa disebut sebagai kafir.

Namun, jika ada seseorang yang sudah mengetahui dan bahkan menganggap minuman keras (khamer) sebagai halal, maka baru seseorang tersebut bisa disebut kafir.

"Sebab, dia mengubah hukum Allah SWT," kata Gus Baha.

Berdasarkan penjelasan Gus Baha, seseorang dianggap kafir ketika mereka menghalalkan sesuatu yang sebenarnya haram.

"Meski sudah disepakati para ulama. Jadi, ada orang zina, dan meyakini itu halal maka tidak disebut kafir," papar Gus Baha lagi.

Sementara jika seseorang yakin bahwa zina adalah dosa besar, namun mereka tetap melakukannya, maka mereka hanya dianggap sebagai fasik.

BACA JUGA:Amalan Dahsyat Menangkal Sihir dan Santet, Gus Baha Sarankan Amalkan Surah ini

BACA JUGA:Agar Diberi Kelancaran Rezeki dan Hutang Beres, Amalkan Sholawat Favorit dari Gus Baha ini

Oleh karena itu, dosa kafirlah yang dapat membuat seseorang kekal di neraka, karena mereka telah dengan sengaja mengubah hukum Allah dan dihukum seperti orang kafir.

Itulah penjelasan Gus Baha terkait dengan hal sepele yang sering diabaikan, namun dosanya melebihi syirik. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: