Kisah Raja Midas, Kerakusan Berujung Penyesalan Seumur Hidup

Kisah Raja Midas, Kerakusan Berujung Penyesalan Seumur Hidup

Raja Midas adalah orang yang sangat kaya yang mencintai emas lebih dari apapun dalam mitologi Yunani kuno.--

Midas melakukan apa yang diperintahkan, dan berlari ke sungai sambil menggendong putrinya. Dia terjun ke dalam air, dan merasakan kekuatannya meninggalkan dirinya. Midas melihat emas meleleh dari tubuhnya dan dari tubuh putrinya hingga menyaksikan putrinya hidup kembali. Dia memeluknya dengan air mata kebahagiaan.

BACA JUGA:Tiga Remaja di Bengkulu Ditangkap Warga Usai Mencuri Timbangan dan Blender di BLK

Midas juga melihat sungai itu berubah menjadi emas karena emas yang terhanyut darinya. Ia menyadari bahwa inilah sumber simpanan emas terkenal yang menjadikan sungai Pactolus kaya dan terkenal di kemudian hari. Dia berterima kasih kepada Dionysus atas belas kasihannya, dan bersumpah tidak akan serakah lagi. Ia belajar menghargai kesenangan hidup yang sederhana, seperti makanan, minuman, alam, dan yang terpenting, cinta putrinya.

Kisah Raja Midas dan sentuhan emasnya dalam mitologi Yunani adalah contoh klasik bagaimana keinginan bodoh bisa menjadi bumerang bagi kita. Hal ini menunjukkan kepada kita bahwa keserakahan dapat membutakan kita terhadap hal-hal yang benar-benar penting dalam hidup, dan bahwa kita harus berhati-hati terhadap apa yang kita inginkan. Bukan hanya itu, kisah Raja Midas ini mengingatkan kita bahwa kebahagiaan tidak datang dari harta benda, namun dari kedamaian dan kepuasan batin.

BACA JUGA:Pj Walikota Resmikan Klinik Pratama Lapas Perempuan Kelas IIB Bengkulu

Kisah sentuhan Midas memiliki pesan didaktik yang cukup jelas. Midas adalah orang terkaya yang masih hidup tetapi dia berusaha menjadi lebih kaya lagi. Apa yang dia minta dari Dionysus menunjukkan kesombongan dan obsesinya terhadap kekayaan materi yang berlebihan. Dalam cerita lain, Raja Midas meninggalkan kerajaan dan kekayaannya, setelah kutukan sentuhan emasnya dicabut, untuk menjadi pengikut dewa Pan di mitologi Yunani kuno.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: