Rebusan Kayu Manis Ternyata Bisa Jadi Obat Nyeri Menstruasi

 Rebusan Kayu Manis Ternyata Bisa Jadi Obat Nyeri Menstruasi

Salah satu cara menikmati kayu manis sebagai obat tradisional adalah dengan cara merebus dan meminum air rebusannya.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kayu manis merupakan salah satu tanaman yang kerap kali digunakan sebagai bumbu dapur. Beberapa makanan di Indonesia lazim menambahkan Kayu manis sebagai bagian dari perasa atau bumbu dalam masakannya. Namun, ternyata Kayu manis juga memiliki khasiat medis yang cukup baik bagi tubuh.

BACA JUGA:Pengguna Smartphone Infinix Zero Series Bakalan Nikmati Update Android 13, Ini Daftarnya

Oleh karena itu, tanaman yang juga dikenal dengan nama Cinnamomum ini juga dikategorikan sebagai tanaman herbal dan sudah digunakan sebagai obat-obatan tradisional sejak ratusan tahun yang lalu. Salah satu cara menikmati kayu manis sebagai obat tradisional adalah dengan cara merebus dan meminum air rebusannya. Berikut 3 manfaat mengonsumsi air rebusan kayu manis bagi kesehatan.

1. Menurunkan Risiko Terkena Kardiovaskular
Kayu manis mengandung sebuah senyawa yang dikenal dengan nama Cinnamaldehyde. Dilansir dari artikel dalam jurnal “Critical Reviews in Food Science and Nutrition”, senyawa ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan membuat kinerja jantung menjadi normal dan teratur. Selain itu, mengonsumsi air rebusan kayu manis setidaknya setengah gelas setiap harinya dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat yang dapat memicu kardiovaskular.

BACA JUGA:Kenali Sejak Dini, Gejala, Pencegahan dan Pengobatan Hepatitis Pada Anak

2. Membantu Mengurangi Nyeri saat Menstruasi
Air rebusan kayu manis ternyata dapat mengurangi rasa Nyeri saat Menstruasi pada wanita. Dilansir dari artikel dalam jurnal “The Effect of Cinnamon on Primary Dysmenorrhea: A Randomized, Double Blind Clinical Trial”, air rebusan kayu manis yang dikonsumsi sebanyak setengah hingga 1 gelas setiap harinya pada masa Menstruasi dapat menurunkan rasa Nyeri akibat proses Menstruasi. Hal ini disinyalir lebih efektif daripada mengonsumsi placebo guna menurunkan efek Nyeri haid.

3. Menangkal Zat Radikal Bebas
Kayu manis yang kaya dengan kandungan senyawa Cinnamaldehyde juga berguna untuk menangkal radikal bebas yang datang dari luar tubuh.Senyawa ini dapat menangkal eksresi protein tertentu di dalam tubuh yang dapat menjadi pemicu terjadinya kanker. Selain itu, zat ini juga dapat bekerja dengan melancarkan peredaran darah dari dan menuju jantung.

BACA JUGA:Wajib Tau dan Peduli! Inilah 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang HPV

Meskipun dapat dijadikan sebagai pencegah kanker, namun efek dari kayu manis ini alangkah baiknya dikombinasikan dengan beberapa tanaman herbal lainnya yang direbus dan airnya kemudian diminum. Nah, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi rebusan air kayu manis bagi tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: