Wajib Tau dan Peduli! Inilah 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang HPV

Wajib Tau dan Peduli! Inilah 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang HPV

Ada vaksin yang dapat melindungi dari HPV. Vaksin HPV direkomendasikan untuk anak-anak berusia 9-14 tahun, tetapi juga dapat diberikan kepada orang dewasa yang belum pernah divaksinasi.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Virus human papillomavirus (HPV) merupakan satu jenis virus yang dapat menginfeksi kulit dan selaput lendir, termasuk area genital. HPV dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kutil kelamin, kanker serviks, kanker vulva, kanker vagina, kanker penis, kanker anus, dan kanker kepala dan leher. Berikut adalah 7 hal yang perlu kamu ketahui tentang HPV. Yuk, disimak ulasannya.

BACA JUGA:Kenapa Allah SWT Tidak Membinasakan Bani Israel? Ini Kata Ustaz Abdul Somad

1. HPV adalah virus yang sangat umum. Diperkirakan sekitar 80% orang akan terinfeksi HPV pada suatu saat dalam hidup mereka.
2. HPV dapat ditularkan melalui kontak kulit ke kulit. Misalnya ditularkan melalui hubungan seksual, kontak oral-genital, atau kontak kulit-kulit di area genital.
3. HPV tidak selalu menyebabkan masalah kesehatan. Sebagian besar orang yang terinfeksi HPV akan sembuh tanpa gejala.

BACA JUGA:Cara Mudah Atasi Sihir dan Santet, Ikuti Petunjuk Ustadz Khalid Basalamah MA Berikut

4. Ada vaksin yang dapat melindungi dari HPV. Vaksin HPV direkomendasikan untuk anak-anak berusia 9-14 tahun, tetapi juga dapat diberikan kepada orang dewasa yang belum pernah divaksinasi.
5. Tidak ada obat untuk HPV. Namun, ada perawatan untuk kutil kelamin dan kanker yang disebabkan oleh HPV.
6. Cara terbaik untuk melindungi diri dari HPV adalah dengan mendapatkan vaksin dan menggunakan alat kontrasepsi kondom.
7. Jika kamu memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang HPV, bicarakan dengan dokter.

BACA JUGA:Tips Perawatan Audio Mobil dan Penyebab Kerusakannya


Jenis-Jenis HPV
Ada lebih dari 200 jenis HPV yang diketahui oleh dunia medis. Terdapat beberapa jenis HPV yang dipandang menyebabkan masalah kesehatan daripada yang lain. Jenis HPV onkogenik dapat menyebabkan kanker, termasuk kanker serviks, kanker vulva, kanker vagina, kanker penis, kanker anus, dan kanker kepala dan leher.Jenis HPV non-onkogenik biasanya menyebabkan kutil kelamin.Lalu bagaimana caranya untuk mengurangi risiko tertular HPV? Cek berikut ini.

- Bersikaplah setia kepada satu pasangan.
- Gunakan kondom setiap kali berhubungan seks.
- Hindari kontak kulit ke kulit di area genital dengan seseorang yang memiliki kutil kelamin.
- Dapatkan vaksin HPV jika kamu memenuhi syarat.

BACA JUGA:Ini Posisi Fengshui Patung Budha Untuk Menarik Rejeki

Vaksin HPV adalah cara terbaik untuk melindungi diri dari HPV. Vaksin ini sangat efektif dalam mencegah infeksi HPV, yang dapat menyebabkan kanker. Jika kamu belum divaksinasi HPV, bicarakan dengan dokter kamu tentang mendapatkan vaksin tersebut.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: