Ini Dia Buah yang Disebutkan dalam Al Quran, Sudah Terbukti Manfaatnya!

Ini Dia Buah yang Disebutkan dalam Al Quran, Sudah Terbukti Manfaatnya!

Buah tin atau buah ara sangat tinggi serat, yang membantu menjaga kadar gula darah dan kadar kolesterol yang sehat.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bagi para Muslim, Al-Quran merupakan pedoman yang di dalamnya terdapat banyak petunjuk untuk manusia dalam menjalani hidup di dunia. Pedoman Al-Quran tidak hanya mencakup soal akidah dan ibadah, tapi juga soal ilmu pengetahuan alam. Selain kurma, ada sejumlah buah di pasaran yang ternyata disebutkan dalam Al-Quran. Bahkan Allah SWT beberapa kali bersumpah atas nama buah tersebut.Berikut adalah 5 buah yang disebut dalam Al-Quran.

BACA JUGA:Wow! 8 Negara Ini Melarang McDonald's Beroperasi Di Wilayahnya

1. Pisang
Di dalam surah Al-Waqiah ayat 29, Allah menyebutkan buah Pisang sebagai buah yang bersusun-susun. "Dan orang-orang yang benar, betapa diberkatinya mereka! Mereka akan berada di tengah-tengah pohon bidara yang tidak berduri, rumpun-rumpun Pisang, naungan yang luas, air yang mengalir, buah-buahan yang melimpah, tidak pernah pada musimnya, dan tidak terlarang" (QS Al Waqiah 27-33)

Al-Qur'an menyebutkan secara umum tentang buah-buahan yang dimakan oleh orang-orang di surga, dan secara khusus disebutkan tentang pisang yang memberi tahu kita bahwa pisang termasuk buah yang diberkahi. Pisang adalah tambahan yang bagus untuk sarapan atau camilan pagi karena dikemas dengan potasium, serat, vitamin C, magnesium, dan folat. Pisang juga mengandung beberapa jenis antioksidan kuat, termasuk flavonoid dan amina. Antioksidan ini punya banyak manfaat kesehatan, seperti penurunan risiko penyakit jantung dan penyakit degeneratif.

BACA JUGA:Ini Dia 10 Kota Terpanas di Indonesia, Majalengka Paling Mendidih

2. Zaitun
Dalam Surat Al Mu'minun ayat 20, Al-Quran memberitahu tentang buah-buahan yang harus dimakan, dan berbicara tentang pohon zaitun yang tumbuh di Gunung Sinai yang menyediakan minyak dan bumbu untuk dimakan. Banyak orang memilih minyak zaitun sebagai pilihan lemak yang baik. Buahnya sendiri juga baik untuk dijadikan bumbu masakan.Zaitun juga memiliki asam lemak esensial yang bagus untuk fungsi jantung dan otak, serta polifenol yang memiliki sifat antioksidan.

BACA JUGA:Auto Jadi Sultan! Ini Dia 5 Cara Mudah Supaya Punya Banyak Uang

3. Delima
Dalam Surah Ar-Rahman ayat: 68, Al-Quran berbicara tentang dua taman surga dengan mengatakan: "Di dalam kedua surga itu ada buah-buahan, kurma dan delima." Delima sangat tinggi vitamin C yang berperan dalam pembentukan kolagen untuk menjaga otot, tulang, dan kulit, serta menjadi pemain kunci dalam penyerapan zat besi.

4. Anggur
Dalam Surat Al Mu'minun 3 ayat: 19-20, Al-Qur'an mengatakan kepada umatnya: "Dengan air itu kami tumbuhkan bagimu kebun-kebun kurma dan anggur, yang di dalamnya terdapat buah-buahan yang banyak, dan darinya kamu boleh makan." Anggur sangat populer karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Anggur mengandung flavonoid yang telah terbukti bermanfaat dalam menangkal kerusakan oksidatif yang bahkan dikaitkan dalam beberapa penelitian memiliki sifat melawan kanker.

BACA JUGA:Ini Dia Doa yang Dibacakan Saat Menyiram Air di Kuburan

5. Buah Tin
Al-Qur'an memiliki seluruh bab dalam Surah At-Tin. Buah Tin atau buah ara sangat tinggi serat, yang membantu menjaga kadar gula darah dan kadar kolesterol yang sehat. Buah ara yang dalam bahasa Inggris disebut fig juga mengandung magnesium, mineral dalam tubuh yang berperan penting dalam kesehatan tulang dan keseimbangan energi.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: