Kenali 7 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

Kenali 7 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

Buah tin merupakan salah satu jenis buah yang memiliki tekstur buah yang unik-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Buah tin merupakan salah satu jenis buah yang memiliki tekstur buah yang unik serta memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berbagai vitamin dan mineral yang terkandung di dalam buah tin diketahui baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan hingga mencegah terjadinya penyakit kanker. 

Tahukah kamu jika buah tin atau buah ara telah ada sejak 1400 tahun Masehi lalu. Awalnya, buah tin ditemukan di Asia Barat, tetapi kini sudah dibudidayakan di banyak daerah di Indonesia. 

Buah dengan nama latin Ficus carica ini ternyata memiliki khasiat yang melimpah, mulai dari mengobati sembelit hingga mengatasi asma bronkitis. Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari buah tin yang baik untuk kesehatan tubuh berkat kandungan nutrisinya yang beragam. 

BACA JUGA:Selain untuk Sayur, Daun Melinjo Bisa Turunkan Kadar Asam Urat

Secara umum, buah tin memiliki kalori rendah dan nutrisinya tersusun atas  beragam mikronutrien yang melengkapi nutrisinya seperti vitamin C, tiamin, riboflavin, niasin, dan mineral. Selain itu, buah tin mengandung karbohidrat, protein, serat hingga kaya akan kandungan vitamin B-6 dan tembaga.

Manfaat buah tin bagi kesehatan dan penyakit

Menimbang kandungan nutrisinya, tak heran jika buah tin memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Berikut adalah daftar manfaat atau khasiat yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi buah tin:

1. Menyehatkan pencernaan

Manfaat buah tin adalah dapat menyehatkan sistem pencernaan , hal ini dikarenakan ada kandungan serat dan zat pektin sehingga membantu memperlancar metabolisme tubuh. 

Zat pektin ini hanya didapatkan pada buah-buhan tertentu, salah satunya di dalam buah tin. Secara lebih spesifiknya, buah tin dapat mencegah risiko berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, dan gangguan pencernaan kronis seperti IBS (irritable bowel syndrome).

BACA JUGA:Lebih Aman Memilih Laksatif Alami untuk Atasi Sembelit

2. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Manfaat lain yang bisa didapat dari buah tin adalah untuk kesehatan kulit. Antioksidan pada buah tin bisa merangsang produksi kolagen yang bisa mengencangkan dan melembabkan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: