Ini Dia Doa yang Dibacakan Saat Menyiram Air di Kuburan

Ini Dia Doa yang Dibacakan Saat Menyiram Air di Kuburan

Dalam ziarah kubur umat Islam tidak membatasi diri dengan menyiram air di kuburan atau menabur bunga saja--

BENGKULUESKPRESS.COM - Berziarah menjadi salah satu kegiatan positif yang baiknya rutin untuk dilakukan.Umumnya berziarah bisa dilakukan pada momen-momen tertentu. Namun tak ada aturan pasti seseorang harus berziarah pada momentum apa. Salah satu kegiatan dalam berziarah adalah menyiramkan air pada makam. Umumnya hal ini dilakukan mengikuti sunnah Rasulullah.

BACA JUGA:Bisa Sial 7 Turunan! Jika Benda Ini Disimpan di Rumahmu

Hal ini sebagaimana diterangkan dalam Tuhfatul Muhtaj sebagaimana dinukil Husnan M. Thaib dalam buku Keutamaan Menjenguk Orang Sakit dan Tata Cara Mengurus Jenazah, Rasulullah SAW menyiram air di kuburan putra beliau yang bernama Ibrahim seraya membaca doa. Adapun doa yang dibaca oleh kekasih Allah SWT itu adalah sebagaimana berikut ini:

BACA JUGA:Simbol Keberuntungan! Ini Alasan Ada Jeruk dalam Mangkok di Rumah Orang Kaya

Doa Menyiram Air di Kuburan
أَللَّهُمَّ اجْعَلْ هَذَا المَاءَ بَرْدًا وَسَلَامًا فِي قَبْرِهِهَا وَاسْقِ تَرَاهُ / هَا بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Bacaan latin: Allahummaj'al haadzaalmaa'abar dannwasaalaamann fiiqabrihi haa wasqitsaraahu haa birahmatika yaa arhamarrahimin.

Artinya: "Ya Allah jadikanlah air ini sebagai pendingin dan keselamatan di dalam kuburnya dan tuangkanlah rahmat di dalam kuburnya dengan rahmatMu wahai Yang Pengasih dari Yang Pengasih."

BACA JUGA:Ingin Rumah Dilingkupi Energi Chi? Taruh Benda Penarik Rezeki Ini di Ruang Tamu

Sunnah menyiram air di kuburan adalah pernyataan para ulama dan merupakan tindakan yang Rasulullah SAW lakukan. Al Azra'i berpendapat bahwa hukum menyiram air di kuburan menggunakan air najis adalah makruh. Dalam sebuah hadits dinyatakan bahwa Rasulullah SAW pernah menyiram air di kuburan putra beliau, Ibrahim.

"Sesungguhnya Rasulullah SAW menyiram (air) di atas kubur Ibrahim, anaknya, dan meletakkan kerikil di atasnya." (HR Abu Daud)

BACA JUGA:Ini Dia Deretan Warna Rumah Terbaik untuk Datangkan Rezeki

Menyiram air di kuburan memiliki sejumlah keutamaan.
- Agar almarhum mendapat kedinginan di dalam baringannya.
- Sebagai keselamatan di dalam kubur almarhum
- Sebagai rahmat dalam kubur almarhum.
- Menguatkan tanah dan agar tidak hilang karena terpaan angin

BACA JUGA:Rezeki Berlimpah Ruah, Simpan 5 Benda Ini di Dompet Menurut Primbon Jawa

Dalam ziarah kubur umat Islam tidak membatasi diri dengan menyiram air di kuburan atau menabur bunga saja.Namun juga dilengkapi dengan sunnah-sunnah lainnya seperti mengucapkan salam kepada ahli kubur, mendoakan dan memohonkan ampun untuk mereka kepada Allah SWT, dan sebagainya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: