Hipertensi Tidak Terkontrol, Bisa Timbulkan 5 Penyakit Komplikasi Ini

Hipertensi Tidak Terkontrol, Bisa Timbulkan 5 Penyakit Komplikasi Ini

Ilustrasi cek hipertensi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Hipertensi, Inilah Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

4. Masalah Ginjal

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan akhirnya mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah di ginjal. Jika dibiarkan tidak terkontrol dan tanpa penanganan bisa menyebabkan komplikasi berupa gagal ginjal. 

Salah satu fungsi ginjal adalah untuk menyaring darah dan apabila pembuluh darah rusak akibat hipertensi, maka ginjal akan sulit untuk menyaring zat yang tidak diperlukan tubuh.

5. Masalah Mata

Selain organ-organ, tekanan darah tinggi juga bisa menyerang mata. Kondisi ini biasa disebut retinopati hipertensi. 

Akibat hipertensi, pembuluh darah ke arah retina akan menyempit sehingga mengakibatkan pembengkakan retina dan penekanan saraf optik. Jika ini terjadi, sel-sel saraf yang ada di mata dapat lumpuh yang bisa menyebabkan gangguan penglihatan hingga kebutaan.

BACA JUGA:Penderita Hipertensi Wajib Tahu, Inilah 10 Buah Penurun Tensi

Penting untuk selalu mengontrol tekanan darah secara rutin, baik bagi penderita hipertensi ataupun tidak. Risiko dari hipertensi sendiri sudah sangat berbahaya, apalagi jika ditambah dengan komplikasi penyakit lainnya. 

Selain itu, jangan lupa lakukan gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit komplikasi hipertensi seperti batasi asupan garam harian, rutin olahraga, jaga berat badan ideal, hindari minuman beralkohol, tidak merokok, dan kelola stres. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: