Hipertensi Tidak Terkontrol, Bisa Timbulkan 5 Penyakit Komplikasi Ini

Hipertensi Tidak Terkontrol, Bisa Timbulkan 5 Penyakit Komplikasi Ini

Ilustrasi cek hipertensi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Hipertensi atau tekanan darah tinggi sering disebut sebagai “the silent killer”. 

Mengapa demikian? Kondisi tekanan darah tinggi sering kali tidak menimbulkan gejala dan keluhan spesifik yang dapat dirasakan oleh seseorang, sehingga tidak ditangani sejak dini. 

Jika tidak ditangani dengan tepat dan sigap, kondisi hipertensi tidak terkontrol dapat memicu terjadinya komplikasi hipertensi yang berbahaya untuk diri sendiri. 

Lantas, apa saja penyakit komplikasi hipertensi yang bisa disebabkan akibat hipertensi yang tidak terkontrol?

1. Gagal Jantung

Jika seseorang mengalami tekanan darah tinggi, maka otomatis jantung dipaksa untuk bekerja lebih keras dari kapasitasnya untuk memompa darah. 

BACA JUGA:Bisa Dicoba, Ini Cara Cepat Turunkan Darah Tinggi Tanpa Obat dan Alami

Lalu, dinding dan otot jantung akan menebal dan mengakibatkan jantung kesulitan untuk memompa cukup darah ke seluruh tubuh. Jika jantung sudah tidak dapat memompa darah dengan baik, kondisi inilah yang dinamakan gagal jantung.

2. Stroke

Stroke juga termasuk salah satu dari komplikasi hipertensi. Secara singkat, stroke adalah kondisi dimana tekanan darah terlalu tinggi yang mengakibatkan pembuluh darah di salah satu area otak dapat pecah akibat aliran darah ke otak terhalang sehingga mengalami penyumbatan. 

Gejala yang diakibatkan dari terjadinya stroke ini diantaranya adalah mati rasa, kelumpuhan di beberapa bagian tubuh seperti wajah, tangan, kaki, hingga mulut, dan kesulitan berbicara.

3. Aneurisma

Selain stroke, komplikasi hipertensi yang lain adalah aneurisma. Hipertensi dapat menyebabkan dinding arteri melemah sehingga memicu terbentuknya kantong yang rapuh pada pembuluh darah arteri.

Jika tekanan darah terlalu tinggi, maka lama kelamaan arteri dapat pecah yang kemudian menimbulkan kerusakan organ permanen hingga kematian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: