Penderita Hipertensi Wajib Tahu, Inilah 10 Buah Penurun Tensi

Penderita Hipertensi Wajib Tahu, Inilah 10 Buah Penurun Tensi

Pisang, salah satu buah penurun hipertensi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Walaupun sudah mendapatkan penanganan medis dari dokter, penderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi tetap perlu menjaga konsumsi makanannya. 

Hal tersebut dimaksudkan agar tekanan darah tetap stabil. Maka dari itu, ada beberapa buah penurun darah tinggi yang disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Salah satu buah untuk menurunkan darah tinggi yang dapat dikonsumsi oleh penderita hipertensi adalah pisang. Pisang diketahui memiliki kandungan kalium yang tinggi sehingga dapat menjaga tekanan darah tetap stabil.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah-buahan yang tinggi akan kalium dan magnesium dapat menurunkan tekanan darah. Selain 2 mineral tersebut, kandungan serat, vitamin, serta antioksidan dalam buah-buahan juga berperan dalam menurunkan tekanan darah.

BACA JUGA:Kenali Bentuk Ciri-ciri Serangan Jantung dan Respons Penyelamatan Nyawa

Berikut adalah beragam jenis buah penurun tensi tekanan darah :

1. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan kalium. Kalium dapat membantu melemaskan dinding pembuluh darah, sehingga menurunkan tekanan darah.

Dalam 1 buah pisang kepok dengan berat sekitar 100 gram terdapat 300 miligram kalium. Bahkan pisang raja sereh dan pisang uli dengan berat yang sama masing-masing mengandung 520 miligram dan 650 miligram kalium.

Selain ketiga jenis pisang tersebut, pisang tanduk, pisang ambon, pisang merah, dan pisang mas juga bisa menjadi pilihan buah penurun tensi.

BACA JUGA:Anjuran Makan Malam saat Jalani Diet, Tidak Bikin Gemuk

2. Mangga

Peningkatkan asupan serat harian juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah pada penderita hipertensi dan diabetes. Oleh karena itu, konsumsi makanan yang mengandung serat penting dilakukan untuk menurunkan tekanan darah.

Mangga termasuk dalam buah penurun tensi berkat kandungan serat dan kalium di dalamnya. Dalam 1 buah mangga harumanis dengan berat 200 gram terdapat 3,5 gram serat dan 180 gram kalium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: