Penderita Hipertensi Wajib Tahu, Inilah 10 Buah Penurun Tensi

Penderita Hipertensi Wajib Tahu, Inilah 10 Buah Penurun Tensi

Pisang, salah satu buah penurun hipertensi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

7. Tomat

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi jus tomat secara rutin bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Selain berkat kandungan kalium, manfaat tomat sebagai buah penurun tensi juga didapatkan dari antioksidan likopen di dalamnya.

Mengonsumsi tomat secara rutin juga bermanfaat bagi kesuburan, daya tahan tubuh, serta kesehatan mata, jantung, dan kulit.

8. Pir

Dalam buah pir, terutama bagian kulitnya, terkandung antioksidan quercetin. Quercetin memiliki kemampuan dalam mengurangi peradangan, kadar kolestrol, dan tekanan darah yang merupakan faktor penyebab terjadinya penyakit jantung.

Manfaat pir sebagai buah penurun tensi ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi 2 buah pir berukuran sedang setiap hari selama 12 minggu.

9. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan serat, kalium, dan magnesium. Manfaat alpukat sebagai buah penurun tensi telah dibuktikan melalui penelitian.

Meski demikian, buah ini juga mengandung kalori tinggi. Konsumsi buah perlu dibatasi jika Anda sedang menjalani diet menurunkan berat badan.

10. Buah delima

Penelitian mengungkap bahwa konsumsi buah delima, termasuk jus delima, dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Tekanan darah sistolik merupakan tekanan saat jantung berdetak untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sedangkan tekanan darah diastolik adalah tekanan saat jantung beristirahat sebelum kembali memompa darah.

Selain itu, kandungan asam folat dan vitamin C pada buah delima memiliki efek antiperadangan, sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain dengan mengonsumsi buah penurun tensi, Anda juga disarankan untuk membatasi asupan garam, mengonsumsi sayuran, dan berolahraga secara teratur untuk menurunkan tekanan darah.

Meskipun bermanfaat, jangan menjadikan berbagai buah penurun tensi tersebut sebagai pengobatan utama untuk menurunkan tekanan darah. Beberapa jenis buah bahkan mungkin dapat menurunkan efektivitas obat hipertensi. Oleh karena itu, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi buah penurun tensi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: