Anjuran Makan Malam saat Jalani Diet, Tidak Bikin Gemuk

Anjuran Makan Malam saat Jalani Diet, Tidak Bikin Gemuk

ilustrasi sayur untuk makan malam-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Banyak orang menghindari makan malam untuk menghindari penambahan berat badan. 

Padahal, ada cara makan malam agar tak bikin gemuk yang bisa dilakukan.

Hubungan antara rutinitas makan malam dan penambahan berat badan sendiri hingga saat ini belum bisa diketahui dengan pasti.

Makan malam adalah salah satu waktu makan yang penting, karena dapat menyediakan energi bagi tubuh selama tidur.

BACA JUGA:Resep Ampuh dr. Zaidul Akbar, Turunkan Berat Badan dengan Lemon, Madu, dan Jahe

Namun, makan malam juga harus diperhatikan porsi dan gizinya, agar tidak menyebabkan kelebihan kalori yang bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan lain-lain.

Makanan rendah kalori untuk makan malam adalah makanan yang mengandung sedikit energi tapi banyak gizi. Makanan ini bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama tanpa menambah berat badan.

BACA JUGA:Berhasil Turunkan Berat Badan, Rumus 30-30-30 Jadi Acuan Diet Hebat, Ikuti Langkahnya!

1. Telur rebus

Telur adalah sumber protein hewani berkualitas tinggi, karena mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Telur juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin A, B12, D, E, folat, zat besi, selenium, dan kolin. Satu butir telur rebus mengandung sekitar 78 kkal.

2. Kentang kukus

Kentang adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Kentang juga mengandung vitamin C, B6, potasium, magnesium, dan serat. Satu porsi kentang kukus (sekitar 150 gram) mengandung sekitar 110 kkal.

3. Salmon dan tuna

Salmon dan tuna adalah ikan berlemak yang tidak membuat berat badan naik. Ikan ini mengandung protein hewani yang berkualitas tinggi dan lemak sehat omega-3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: