Cara Turunkan Berat Badan Hingga 5 Kg dalam 1 Minggu, Benarkah Bisa?

Cara Turunkan Berat Badan Hingga 5 Kg dalam 1 Minggu, Benarkah Bisa?

Tips diet menurunkan badan dalam waktu seminggu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Mengonsumsi sayuran dan buah juga membuat Anda bisa mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sama dan mengenyangkan, namun dengan asupan kalori yang lebih sedikit. 

Agar hasil diet optimal, konsumsi buah dan sayur saat sarapan atau sebagai camilan sehat.

3. Hindari karbohidrat sederhana

Menghindari karbohidrat sederhana yang tinggi kalori dan minim nutrisi adalah cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu yang efektif. 

BACA JUGA:Cocok untuk Diet, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum ini di Pagi Hari, Efeknya Kenyang Sampai Siang

Beberapa makanan karbohidrat sederhana yang perlu dihindari, misalnya makanan tinggi gula, makanan olahan, dan makanan bertepung. 

Sebagai gantinya, Anda dianjurkan untuk meningkatkan asupan karbohidrat kompleks, misalnya buah-buahan, sayuran tinggi serat, dan gula alami.

4. Aktivitas fisik atau olahraga

Agar berat badan cepat turun, Anda perlu membakar banyak kalori. Salah satu cara efektif untuk membakar kalori adalah meningkatkan aktivitas fisik atau olahraga. 

Selain itu, olahraga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan massa otot, dan mencegah karbohidrat mengendap di tubuh. 

Beberapa pilihan olahraga yang bisa menurunkan berat badan, misalnya bersepeda, berenang, angkat beban, jalan kaki, jogging, dan yoga.

5. Menghitung kalori 

Menghitung kalori adalah hal yang penting dilakukan jika ingin menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu. Jumlah kalori yang dibutuhkan bisa bervariasi, tergantung usia, jenis kelamin, dan metabolisme tubuh. 

Selain itu, perhitungan kalori pada pengidap penyakit tertentu, misalnya penyakit jantung, diabetes, kanker, malnutrisi, atau penyakit metabolik, bisa berbeda dengan orang sehat. 

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara berkala ke dokter gizi untuk mengetahui jumlah asupan kalori yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: