Kuburan di Surau Rumbio Bikin Heboh Warga Pagar Dewa Kota Bengkulu, Begini Kronologisnya

Kuburan di Surau Rumbio Bikin Heboh Warga Pagar Dewa Kota Bengkulu, Begini Kronologisnya

Sebuah makam berada di Surau Rumbio, RT 53 RW 08, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Warga RT 53 RW 08 Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu dihebohkan dengan adanya kuburan yang berada tepat di sebuah Surau Rumbio, tak jauh dari rumah warga sekitar.

Dari informasi yang dihimpun dari warga setempat, Surau Rumbio tersebut milik sekelompok organisasi yang didominasi oleh warga Minang dan telah berdiri sejak 10 tahun lalu di Kelurahan Pagar Dewa, Kota Bengkulu.

Biasanya, Surau itu digunakan untuk kegiatan keagamaan dari kelompok itu sendiri. Namun memang kondisinya minim penerangan dan terkunci, sehingga warga sekitar tidak dapat memanfaatkan surau tersebut.

Warga RW 08 Pagar Dewa Kota Bengkulu, Sarjono mengatakan, mulanya kuburan itu tidak diketahui oleh warga.


Makam misterius di Surau Rumbio, Pagar Dewa Kota Bengkulu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Kejati Bengkulu Tetapkan Tersangka Tambahan Kasus Proyek Asrama Haji

Tetapi setelah di cari tahu, kuburan atau makam itu milik salah satu petinggi dari organisasi Surau Rumbio yang kemudian dimakamkan di surau tersebut.

"Pada prinsipnya warga sekitar sini tidak bersedia adanya makam di tempat padat penduduk. Sehingga tidak sewajarnya di makamkan disini. Sementara mushola ini juga tidak bisa kami manfaatkan," ujar Sarjono, Selasa (17/10/2023).

Lanjutnya, Surau Rumbio ini sendiri tidak bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar. Pasalnya, setiap kegiatan yang berlangsung tidak pernah melibatkan warga, serta setelah kegiatan surau ini pun langsung di kunci.

Selain itu, berkenaan dengan penguburan jenazah di Surau Rumbio ini juga tidak meminta izin pada warga ataupun perangkat RW setempat.

BACA JUGA:Polda Bengkulu Tetapkan 12 Tersangka Kasus Dana BTT Seluma, Berikut Nama dan Jabatannya

"Makam ini terkesan tiba-tiba, dimana tidak ada izin dari pihak warga ataupun perangkat RW setempat," pungkasnya.

Sementara itu, kehadiran makam di tengah-tengah rumah warga ini juga berdampak psikologi anak-anak.

Dimana, tak sedikit anak-anak yang tinggal di kawasan itu merasa takut lantaran Surau Rumbio terkesan angker usai adanya makam petinggi Surau Rumbio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: