Tumor Jinak atau Ganas? Coba Deteksi dengan Cara Ini

Tumor Jinak atau Ganas? Coba Deteksi dengan Cara Ini

Ilustrasi tumor-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Dalam prosesnya, jika ukuran tumor tidak terlalu besar, semua benjolan diangkat dengan cara operasi yang dilakukan dalam pembiusan total dan disebut biopsi eksisi. Jika tumor ukurannya besar, biasanya diperlukan sampel atau contoh dengan mengambil sebagian kecil dari benjolan yang ada dan disebut biopsi insisi. 

Setelah dilakukan biopsi, jaringan tumor dikirim kepada seorang patolog dan diperiksa, hasilnya membutuhkan waktu 4-7 hari dalam bentuk hasil pemeriksaan PA. Hasil pemeriksaan PA ini yang menjadi golden standard atau diagnosis pasti apakah suatu benjolan merupakan tumor jinak atau ganas (kanker).

BACA JUGA:Para Pria, Waspadai 6 Jenis Penyakit Kanker Ini

Maka itu, biasanya tindakan biopsi sekaligus merupakan tindakan pengobatan. Jika hasil PA jinak, maka pengobatannya hanya diperlukan pengangkatan tumor. Namun jika hasilnya adalah PA ganas atau kanker, perlu dilanjutkan operasi kedua.

Lebih lanjut lagi, jika terdapat sarana pemeriksaan patologi anatomi berupa pemeriksaan potong beku atau Vries Coupe (VC), pasien hanya cukup sekali dioperasi. Hal ini dikarenakan, saat pasien dibius hasil pengangkatan benjolan yang berupa tumor sudah dapat dipastikan jinak atau ganas oleh patolog terkait sehingga jenis tindakan operasi dapat ditentukan saat itu juga oleh dokter spesialis bedah.

Apabila Anda mengalami gejala-gejala seperti di atas dan sampai mengganggu aktivitas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter dokter terdekat untuk memperoleh diagnosis dan penanganan medis secara tepat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: