Para Pria, Waspadai 6 Jenis Penyakit Kanker Ini

Para Pria, Waspadai 6 Jenis Penyakit Kanker Ini

Panyakit kanker mesti diwaspadai kaum pria-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kanker merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, namun terdapat beberapa jenis Kanker di mana pria memiliki faktor risiko lebih tinggi untuk mengalaminya. Salah satu jenis Kanker yang perlu diwaspadai pria adalah Kanker hati.

Masih belum diketahui secara pasti mengapa sebagian besar kasus kanker hati dialami oleh laki-laki. Namun, hal ini kerap kali dikaitkan dengan perbedaan hormon pria dan wanita. Meski begitu, gejala kanker pada pria hampir sama dengan gejala kanker pada umumnya, seperti pembengkakan kelenjar getah bening hingga penurunan berat badan.

Oleh sebab itu, kaum pria dianjurkan untuk meningkatkan kesadaran akan apa saja jenis kanker yang dapat terjadi pada pria dan gejala-gejalanya sebagai langkah deteksi dini. Mari simak penjelasan tentang macam-macam kanker pada pria berikut ini.

BACA JUGA:Jangan Salah, Ini Fakta Kanker yang Sering Keliru

Jenis Penyakit Kanker yang Perlu Diwaspadai Pria

Berikut adalah beberapa jenis penyakit kanker yang perlu diwaspadai pria beserta gejala-gejalanya.

1. Kanker Prostat

Salah satu jenis penyakit kanker yang dapat menyerang pria adalah kanker prostat. Gejala umum dari kanker prostat adalah keluarnya darah bersamaan dengan urine serta rasa tidak lega setelah buang air kecil.

Kanker prostat lebih banyak terjadi pada pria berusia 50 tahun ke atas. Namun, tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga dapat menyerang pria yang berusia lebih muda.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab kanker prostat. Namun, beberapa faktor yang diketahui dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker ini adalah kebiasaan merokok, pola makan tidak sehat, obesitas, hingga paparan zat kimia.

BACA JUGA:Mata Merah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

2. Kanker Penis

Kanker penis adalah kondisi di mana sel-sel pada penis berkembang secara abnormal dan tak terkendali sehingga berpotensi menjadi kanker. Beberapa faktor yang dapat memicu kanker penis adalah infeksi HPV, kebiasaan merokok, tidak disunat dan kurang menjaga kebersihan diri.

Kanker penis termasuk ke dalam jenis penyakit langka, namun peluang kesembuhannya dapat meningkat ketika kanker berhasil dideteksi lebih awal. Sejumlah gejala yang ditimbulkan oleh kanker penis di antaranya benjolan di penis, pembengkakan di ujung penis, hingga perubahan warna dan kulit penis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: